TY  - THES
N1  - Dra. Nadlifah, M.Pd
ID  - digilib18073
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18073/
A1  - SHOLIHUL HADI, NIM: 02471316
Y1  - 2007/09/14/
N2  - SHOLIHUL HADI, Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Dalam Implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 6 Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana motivasi belajar siswa
kelas XI dalam menghadapi kurikulum baru yaitu KTSP; bagaimana proses
diberlakukannya kurikulum tersebut; dan bagaimana strategi/ metode pembelajaran yang
digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA 6 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field risearch) yang bersifat
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI dan 10 guru SMA 6 Yogyakarta.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa respon siswa terhadap diberlakukannya
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tergolong biasa-biasa saja. Hal ini bisa
dilihat dari jumlah siswa yang lebih banyak mengaku biasa-biasa saja, yaitu sebanyak
198 siswa alau 77% dari total 257 siswa kelas XI yang telah mengembalikan angket.
Sementara yang senang terhadap diberlakukannya KTSP ini sebanyak 32 siswa atau
12.5%, serta 1 siswa (0.4%) mengaku sangat senang. 22 siswa lainnya (8.6%) merasa
tidak senang dan 4 siswa (1.6%) merasa sangat tidak senang. Jelas sekali bahwa
diberlakukannya KTSP di SMA 6 Yogyakarta kurang mendapat respon positif dari para
siswa kelas XI, yang mengalami pemberlakuan 2 kurikulum yang berbeda pada 2 tahun
terakhir.
Namun dengan diterapkannya KTSP suasana belajar siswa di kelas adalah
nyaman. Dari 257 siswa kelas XI yang telah mengembalikan angket, sekitar 202 siswa
atau 78.6% merasa cukup nyaman bahkan ada 2 siswa (0.8%) merasa sangat nyaman.
Hanya ada 8 siswa (3.1%) dari 1 siswa (1.6%) yang merasa tidak nyaman dan sangat
tidak nyaman, sementara sisanya 41 siswa (16%) merasa biasa-biasa saja. Jadi dengan
diberlakukannya KTSP sangat berpengaruh besar terhadap suasana pembelajaran yang
nyaman dan kondusif di SMA 6 Yogyakarta.
Secara umum dalam implementasi KTSP, dalam diri siswa kelas XI SMA 6
Yogyakarta tumbuh motivasi yang tinggi untuk meningkatkan belajar. Hal ini dapat
diketahui dari total 257 siswa kelas XI yang telah mengembalikan angket, sebanyak 181
siswa (70.4%) merasa cukup termotivasi, 21 siswa (8.2%) merasa sangat termotivasi dan
37 siswa (14.4%) merasa kurang termotivasi, hanya 12 siswa (4.7%) merasa tidak
termotivasi dan 6 siswa (2.3%) merasa sangat tidak termotivasi.
Metode/ Strategi pembelajaran yang digunakan guru ternyata dapat membantu
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA 6 Yogyakarta. Fakta ini dapat
dilihat dari 182 siswa (70.8%) dari jumlah total 257 siswa kelas XI yang telah
mengembalikan angket, menyatakan bahwa metode yang selama ini diterapkan guru
dapat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, 9 siswa (3,5%) menyatakan
sangat membantu dan 53 siswa (20.6%) menyatakan kurang membantu. Hanya ada 11
siswa (4.3%) dan 2 siswa (0.8%) yang menyatakan bahwa metode pembelajaran yang
telah diterapkan guru tidak dapat membantu dan sangat tidak membantu untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA 6 Yogyakarta.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - motivasi belajar siswa
KW  -  implementasi kurikulum tingkat satuan
pendidikan (ktsp)
M1  - skripsi
TI  - MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM
IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN (KTSP)
DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA
AV  - restricted
EP  - 188
ER  -