%0 Thesis %9 Skripsi %A LAILIYATUS SA 'DIYAH, NIM: 03420301 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2007 %F digilib:18075 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K teoritis, praktek, bahasa arab, KTSP %P 129 %T IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Dl MAN YOGYAKARTA I %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18075/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktis pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori tentang KTSP di MAN Yogyakarta I, serta apa saja yang menjadi kelebiban dan kekurangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena sosia1 melalui gambaran holistik dan memperbanyak pemahaman yang mendalam, sehingga untuk membentuk pemahaman tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktik. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalab Kepala Madrasah, Waka Kurikulum guru bahasa Arab dan siswa kelas X MAU, XI IPA, XI IPS dan XI Bahasa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket Analisis data menggunakan metode deduktif dan induktif Hasil penelitian menunjukkan : I) Praktik pembelajaran bahasa Arab berdasarkan toori tentang KTSP di MAN Yogyakarta I terdapat kesesuian yang cukup positif, hal ini dapat dibuktikan adanya kompetensi guru ketika melaksanakan beberapa komponen yang hams diterapkan da1am pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori KTSP. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan serta penilaian pembelajaran. Bukti kompetensi tersebut tidak hanya dinilai oleh peneliti, namun juga dibuktikan oleh siswa melalui jawaban - jawaban dari angket. Dengan demikian obyektivitas mengenai profesionalisme guru babasa Arab MAN Yogyakarta I telah terwujud, hal inilah yang menjadi cita-cita diberlakukannya KTSP. 2) Kelebihan dan kekurangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab dj MAN Yogyakarta 1: kelebibannya adalah dengan adanya KTSP guru dan siswa dituntut sama-sama aktif. KTSP juga dianggap meringankan beban guru, KTSP mampu mengangkat potensi lokal. Kekurangannya adalah masih berlakukannya UAS sebagai penilaian yang sangat menentuk:an serta sangat mengikat, selain itu kekurangannya adalab masih adanya sekat-sekat atau syarat·syarat yang kadang masih sangat membatasi misalnya penentuan materi pembelajaran. %Z DR. H. A. Janan Asifuddin, MA