eprintid: 18086 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/80/86 datestamp: 2015-11-04 01:57:43 lastmod: 2015-11-04 01:57:43 status_changed: 2015-11-04 01:57:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WAHYUNINGSIH, NIM 03470553 title: PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA note: Dra. Siti Johariyah,M.pd abstract: Wahyuningsih. Peran Bimhingan don Konseling dalam Membina perilaku. Kedisiplinan Siswa, Skripsi. Yogyakarta: Fakulltas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007. Pendidikan sebagai upaya membudayakan manusia muda dengan tujuan tercapainya perilaku manusia yang didasari atau dijiwai oleh iman dan takwa. Untuk dapat melaksanakan upaya tersebut maka Bimbingan dan Konseling telah menjadi salah satu layanan pendidikan yang sangat diperlukan di sekolah sekolah. Hal ini disebabakan pelaksanaan bimbingan dan Konseling dapat membantu siswa dalam rangka menemukan jati dirinya, mengenal lingkungan, merencanakan masa depan, serta dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Semua ini tidak terlepas dari sikap disiplin yang melekat pada jiwa siswa. Berpijak dari statement diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya Bimbingan dan Konseling dalam membina perilaku kedisiplinan siswa, serta untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan perilaku kedisiplinan bagi siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Sehingga subyek penelitiannya yaitu guru Bimbingan dan Konseling sebagai subyek utama atau subyek primer, sedangkan subyek pendukung yaitu kepala sekolah, para guru, para karyawan, dan siswa-siswa SMP Muhanunadiah 8 Yogyakrata. Metodenya yaitu observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi, kemudian menganalisis dari data data yang ada. Hasil penenelitian ini yaitu adanya upaya-upaya Bimbingan dan Konseling dalam membina perilaku kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta diantaranya dengan mengawasi siswa pada saat di kelas maupun diluar ke1as, menangani pelanggaran-pelanggaran siswa, melakukan pendampingan-pendampingan, mengadakan konferensi kasus dan home visit, kerjasama dengan semua pihak di sekolah, serta membuat slogan-slogan yang memotivasi siswa untuk disiplin. Kemudian bentuk-bentuk Bimbingan perilaku kedisiplinan bagi siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, yaitu bimbingan pribadi, bimbingan kelompok, bimbingan belajar, dan bimbingan karir. Dengan demikian semoga hasil penelitiau dalam skripsi ini bisa memberi kontribusi positif bagi semua pibak. date: 2007-05-12 date_type: published pages: 121 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: WAHYUNINGSIH, NIM 03470553 (2007) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18086/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18086/2/BAB%20II%2C%20III.pdf