%A NIM. 00390364 FAQIH MASYHAD %O H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag., %T PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PROD UK T ABUNGAN WADI'AH BMT DANA SYARI'AH GIWANGAN %X Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang terpenting dari suatu kegiatan usaha, baik perusahmm manufaktur maupun perusahaan jasa dalam hal ini BMT demi kelangsungan dan perkembangan suatu usuha tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri empat variabel yaitu: produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan anggota dalam menggunakan produk wadi'ah pada BMT Dana Syari'ah Giwangan. Pada awal periode berdirinya bulan Juli 2005, BMT ini mampu menyedot anggota sebanyak 505 pedagang di pasar Giwangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun sifat penelitian ini adalah asosiatif analitik. Populasi penelitian ini adalah anggota BMT Dana Syari'ah yang menggunakan tabungan wadi'ah pada tahun 2005. Untuk sampel peneliti mengambil 30 responden dari 151 anggota yang masih aktif. Dari hasil penelitian ini diperoleh angka ( R2 ) sehesar 0,815. Hal ini berarti sekitar 81,5 % keputusan nasabah dipengaruhi oleh produk, harga, tempat,dan promosi. Sedangkan 18,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel tersebut. Dari uji ANOVA atau F Test, didapat F hitung sebesar 27, 520, dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel keputusan anggota. Kesimpulan dari penelitian in adalah bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam menggunakan produk wadi'ah BMT Dana Syari'ah Giwangan, baik secara parsial atau serentak. Hasil uji t didapat t-hitung variabel produk sebesar 2,873, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 untuk variabel harga sebesar 2,286 dengan tingkat signifikansi 0,031, variabel tempat sebesar 2,439, dengan tingkat signifikansi 0,022, variabel sebesar 2,552, dengan tingkat signifikansi 0,01 7. Karena t-hitung masing-masing variabel tersebut lobih besar dari t tabel maka variabel produk, harga, tempat, serta promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam menggunakan produk tabungan wadi'ah. %K tabungan wadi'ah, BMT dana syari'ah %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18097