eprintid: 18101 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/81/01 datestamp: 2015-11-04 04:07:25 lastmod: 2015-11-04 04:07:25 status_changed: 2015-11-04 04:07:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HASANAH, NIM. 03390533 title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA ASURANSI KERUGIAN KENDARAAN BERMOTOR STUDI PADA PT. ASURANSI DAYIN MITRA TBK CABANG YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: KB divisions: jur_kei full_text_status: restricted keywords: asuransi kerugian kendaraan bermotor, pada pt. asuransi dayin mitra tbk cabang yogyakarta note: H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan jasa layanan asuransi kerugian kendaraan, khususnya mobil pada PT. Asuransi Dayin Mitra Tbk Cabang Yogyakarta dan untuk mengetahui pengaruh kebudayaan, kelompok referensi, kepribadian dan konsep diri, serta motivasi secara bersama-sama terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini hanya sebatas pada masalah faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan jasa layanan asuransi kerugian kendaraan, khususnya mobil pada PT. Asuransi Dayin Mitra Tbk Cabang Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitiannya deskriptif eksplanatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan pengaruh antara variabel bebas (faktor kebudayaan, kelompok referensi, kepribadian dan konsep diri, serta motivasi) dengan variabel terikat (perilaku konsumen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Dalam mencari analisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui angket yang dibagikan kepada nasabah pemegang polis asuransi kerugian kendaraan, khususnya mobil yang terdiri dari 65 pria dan 35 wanita. Dan dengan wawancara kepada pihak yang terkait, dan didukung pula dengan literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan analisis regresi diperoleh kesimpulan bahwa faktor kebudayaan, kelompok referensi, kepribadian dan konsep diri, serta motivasi mempunyai t - hitung lebih besar dari t - tabel. sehingga dapat dikatakan bahwa variabel-variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t- hitung masing-masing variabel yaitu faktor kebudayaan sebesar 5.814, kelomok referensi sebesar 5.144, kepribadian dan konsep diri sebesar 3,876, serta motivasi sebesar 2,807. Secara simultan, variabel faktor kebudayaan, kelompok referensi kepribadian dan konsep diri, serta motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabe1 (27,414 > 2,7004) dengan tarafsignifikan 0.000. Pengaruh variabel variabel terhadap pengambilan keputusan dalam menggunakan jasa layanan asuransi kerugian kendaraan, khususnya mobil ditunjukkan dengan R2 sebesar 0,536. Ini berarti bahwa 53.6% perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, kelompok referensi, kepribadian dan konsep diri, serta motivasi. sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini date: 2007-07-26 date_type: published pages: 162 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARI'AH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HASANAH, NIM. 03390533 (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA ASURANSI KERUGIAN KENDARAAN BERMOTOR STUDI PADA PT. ASURANSI DAYIN MITRA TBK CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18101/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18101/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf