%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR UMI SULISTYANI, NIM. 01450884 %B Fakultas Saintek %D 2007 %F digilib:18109 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2006/2007 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18109/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran sains dengan men~_{,runakan pendekatan learning by playing lebih dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa dibanding dengan yang tidak menerapkan pendekatan learning by playing, serta untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan pendekatan belajar learning by playing terhadap hasil belajar sains pada siswa kelas IV SD N Kasihan Bantu! tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasi yang ada seluruhnya digunakan sebagai sampel, yaitu seluruh siswa kelas IV SD N Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas paralel, yaitu kelas IV A dan kelas IV B. Dengan cara pengundian diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji instrumen tes penelitian diperoleh I 8 butir soal tes yang dinyatakan sahih. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif Analisis data kualitatif dilakukan dengan sistem presentase sedangkan data kuantitatif dilakukan dengan uji t. Uji prasyarat menggunakan, (1) uji normalitas, diperoleh nilai p>0,05. Pada kelas eksperimen, nilai p pre test = 0,185 (>0,05) dan nilai p post test = 0,514 (>0,05). Pada kelas kontrol nilai p pre test= 0,213 (>0,05) dan nilai p post test = 0,155 (>0,05). ( 2 ) uji homogenitas, nilai pre-test diperoleh p>0,05, yaitu sebesar 0,392 (>0,05) sedangkan uji homogenitas nilai p post-test sebesar 0,208 (>0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran yang menggunakan pendekatan learning by playing dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, (2) pembelajaran yang menggunakan pendekatan learning by playing lebih efektif dari pembelajaran yang menggunakan pendekatan konvensional, ditunjukkan dengan hasil uji-t dengan nilai p = 0,000 (p < 0.050). %Z Drs. Paidi, M.Si