<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM"^^ . "AL VI SYUKRIY AH. Metode Tafsir Al-Qur'an untuk Anak-anak Karya\r\nAfif Muhammad dan Relevansinya dengan Metode Pendidikan Agama Islam.\r\nSkripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006.\r\nPenelitian ini mencoba menelaah metode tafsir yang terdapat dalam buku\r\nTafsir Al-Qur'an Untuk Anak-anak karya Afif Muhammad yang bertujuan\r\nuntuk mencari relevansinya dengan metode P AI.\r\nPenelitian ini termasuk dalam kategori library-research. Metode yang\r\nditempuh adalah metode deskriptif dengan pola pembahasan deskriptif-analitik\r\ndan interpretasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan\r\ntekstual dan sosio-historis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah\r\nteknik penelusuran teks, sedangkan untuk menganalisanya digunakan contentanalysis,\r\nsumber data dalam penelitian ini adalah buku Tafsir Al-Qur'an Untuk\r\nAnak-anak dan sumber sekundemya adalah berbagai karya tulis ilmiah yang\r\nterkait dengan permasalahan yang dibahas dan dipandang cukup otoritatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Metode-metode tafsir al-Qur'an yang\r\nada dalam buku Tafsir Al-Qur 'an untuk Anak-anak karya Afif Muhammad\r\nsecara implisit adalah: pertama, metode tafsir ijmali (pembahasan secara global\r\ndanjelas); kedua, metode kisah dalam al-Qur'an; ketiga, metode gambar visual\r\nberupa komik sebagai media untuk menggambarkan kisah-kisah al-Qur'an;\r\nkeempat, metode bahasa dialogis. Adapun metode yang digunakan Afif\r\nMuhammad dalam menyampaikan satu atau beberapa surah ke dalam satu jilid\r\nmenggunakan metode tematik, yakni Afif Muhammad mengklasiftkasikan dua\r\natau lebih surah ke dalam satu jilid berdasarkan logis-tematis bukan\r\nberdasarkan kronologi surah per-surah. (2) Sementara itu, relevansi metode\r\nTafsir Al-Qur'an untuk Anak-anak karya AfifMuhamrnad dengan metode PAl\r\ndapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, metode ijmali dan bahasa dialogis\r\ndapat menjadi solusi untuk memperkaya metode tulisan dan dialog dalam PAl.\r\nMetode tulisan dengan bahasa yang dialogis sebaiknya dilakukan oleh pendidik\r\nsecara ijmali yakni secara ringkas tetapi mencakup, dengan bahasa tutur yang\r\nmudah dipahami dan enak dibaca, sehingga metode tulisan dan dialog dalam\r\nP AI akan lebih praktis, mudah dipahami dan akrab bagi anak didik. Kedua,\r\nmetode komik dalam Tafsir al-Qur 'an untuk Anak-anak memiliki relevansi dan\r\ndapat dijadikan nilai tam bah untuk memperkaya wawasan metode P AI berupa\r\nmetode kisah dalam al-Qur'an dan metode indirect (al-thariqah ghairu almubasyarah).\r\nPenyampaian kisah-kisah dengan gambar rea/is, kartun dan\r\nkomik disamping dapat mengasah kecerdasan visual atau spasial anak juga\r\nmembantu menguatkan kesan anak terhadap materi. Dengan demikian media\r\ngambar rea/is, kartun dan komik sebagaimana yang telah digunakan Afif\r\nMuhamad dalam karya tafsimya sudah selayaknya di gunakan pula oleh para\r\npendidik dalam proses belajar mengajar. Ketiga, metode bahasa dialogis dapat\r\ndijadikan solusi untuk memperbaiki metode ceramah dalam P AI. Dengan\r\nmetode ceramah-dialogis akan tercipta hubungan timbal balik yang dinamis dan\r\nefektif antara pendidik dengan anak didik dalam proses belajar mengajar."^^ . "2006-11-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "00410391"^^ . "ALVI SYUKRIYAH"^^ . "00410391 ALVI SYUKRIYAH"^^ . . . . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA\r\nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN\r\nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18130 \n\nMETODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA \nAFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN \nMETODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .