<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM"^^ . "IMROA TUS SOLIKHAH. Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik\r\nuntuk Menyelesaikan Masalah Hitung Sederhana Melalui Model Berbelanja Kelas Ill\r\nMI Wahid Hasyim. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan\r\nmodel berbelanja sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas III\r\nMI Wahid Hasyim menyelesaikan masalah hitung sederhana.\r\nPenelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian\r\npeserta didik kelas Ill MI Wahid Hasyim semester II Tahun pelajaran 2006/2007\r\ndengan jumlah peserta didik 11 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmenggunakan metode test (yaitu pre-test dan post-test pada setiap sikJus), observasi,\r\ndan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dihitung dengan bantuan program SPSS\r\n12. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil validitas test\r\nmenunjukkan dari 6 butir test masing-masing siklus, terdapat 1 butir yang validitasnya\r\nrendah, yaitu butir kelima untuk siklus I dan butir kesatu untuk sikJus II, jadi jurnlah\r\nbutir yang terpakai untuk selanjutnya diujikan ada 5 butir. Hasil uji reliabilitas\r\nmenunjukkan koefisien reliabilitas test masing-masing siklus tinggi, yaitu sebesar 0.823\r\nuntuk siklus I dan 0. 789 untuk siklus 11. Analisis data meliputi uji normalitas sebaran\r\ndata dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas menunjukkan data siklus I dan sikJus lI\r\nberdistribusi normal dengan x 2, < x 2tabel atau Asymp Sig> a yaitu 2.909 < 15.507\r\natau 0.940 > 0.05 pada siklus I dan 0.818 < 16.919 atau 1.000 > 0.05 pada siklus II.\r\nSedangkan uji homogenitas, menunjukkan data homogen dengan Fhitt < Ftab atau Sig> a\r\nyaitu 2.367 < 4.350 atau 0.140 > 0.05.\r\nPenelitian tindakan kelas telah terlaksana dalam dua siklus yang terbagi ke\r\ndalam 3 pertemuan, dua pertemuan untuk: siklus I dan satu pertemuan untuk siklus II.\r\nHasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika yang terbukti\r\ndapat meningkatkan prestasi peserta didik adalah model berbelanja ala pasar, dimana\r\nterdapat lebih dari satu penjual pada tempat yang berbeda. Sebelum berbelanja, terlebih\r\ndahulu pembeli menghitung uang yang mereka miliki, dan seteJah berbelanja mereka\r\nharus menghitung ulang dan mencatat harga barang yang mereka beli. Nilai effect size\r\nsiklus I dan siklus 11 adalah 4.95 dan 8.77 dengan selisih sebesar 3.82, yang diuji\r\ndengan menggunakan uji-t dan cliperoleh hasil nilai 4iit < - ttab yaitu -2.967 < -2.228 atau\r\nsig < a yaitu 0.014 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai effect size siklus kedua\r\nlebih besar dari nilai effect size siklus pertama. Sehingga dari sini diperolah kesimpulan\r\nbahwa dengan model berbeJanja ala pasar, kemampuan peserta didik untuk\r\nmenyelesaikan masalah hitung sederhana meningkat. Peningkatan keaktifan peserta\r\ndidik sebesar 22.23%, yaitu dari 77.77% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; 2)\r\nPeserta didik sangat antusias dan Iebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran\r\nmatematika, hal ini bisa diketahui dari hasil wawancara dengan peserta didik; 3)\r\nkendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model berbelanja\r\ndi kelas III semester II MI Wahid Hasyim antara lain: memerlukan banyak persiapan,\r\nmembutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan suasana kelas yang sangat gaduh. Namun,\r\nsecara umum pe)aksanaan pembelajaran matematika dengan model berbelanja dapat\r\nberjalan dengan lancar sesuai dengan rencana."^^ . "2007-07-25" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM 03430363-02"^^ . "IMROTUS SOLIKHAH"^^ . "NIM 03430363-02 IMROTUS SOLIKHAH"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK\r\nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI\r\nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18134 \n\nUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK \nMENYELESAIKAN MASALAH HITUNG SEDERHANA MELALUI \nMODEL BERBELANJA KELAS III MI WAHID HASYIM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .