@phdthesis{digilib18143, month = {July}, title = {PERAN PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS XII SMU MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN 2006/2007}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM 02441096 HERLINAWATI}, year = {2007}, note = {Siti Fatimah M,pd}, keywords = {PERAN PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18143/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kimia dengan pendekatan humanistis dan implikasi pembelajaran kimia terhadap kreativitas siswa kelas XII SMU Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007. Agar penclitian ini lebih komprehensif, maka implementasi visi misi dalam menerapkan prinsip humanistis dan kebijakan sekolah dalam mengembangkan kreativitas ditambahkan pada pertanyaan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan diperkuat dengan angket. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Khusus data melalui angket cara pengolahannya dijadikan dalam bentuk prosentase. Kemudian dianalisa sccara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Perlama, implementasi visi misi dengan pendekatan humanistis dijabarkan dalam program kerja dan sikap guru yang sesuai dengan semangat 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) terlaksana. Kedua, kebijakan sckolah terhadap perkembangan kreativitas cukup profesional dalam pelaksanaannya dengan menyediakan sarana dan prasarana lengkap untuk menunjang program penyaluran bakat dan hobi siswa. Ketiga, pembelajaran kimia dengan pendekatan humanistis terlaksana, dcngan aspek sebagai berikut: (I) Kcinginan untuk belajar menggunakan stratcgi bahan ajar yang bervariasi, penggunaan multi media dan warming up. (2) Belajar sccara signifikan dengan pemberian latihan soal (hadap rnasalah), komunikasi yang menunjukkan kasih sayang dan belajar di laboratorium. (3) Belajar tanpa ancaman dengan metode guru tidak memberi tugas dalam bentuk pekerjaan rumah (PR) yang membebankan, tidak menekankan hukuman namun komitmen, memberikan kepercayaan pada siswa dan pendekatan personal. (4) Belajar atas inisiatif scndiri dengan memberikan pertanyaan dan pemberian penghargaan. Pembcriaan penghargaan bclum terlaksana. (5) Belajar dan berubah dengan mensinergiskan sains dengan nilai-nilai kehidupan serta belajar yang berbasis proyek. Keempat, implikasi pendekatan humanistis terhadap pcrkcmbangan kreativitas siswa diantaranya: mcmbaca buku, mengapliksikan tcori, memanfaatkan waktu, memotivasi diri, mcngerjakan tugas, merinci soal, berdiskusi, terbuka, mcnckankan konsep, kemampuan bcrtanya dan menjawab pertanyaan, mengahargai pcndapat teman, variasi mengerjakan soal, kcmampuan berimajinasi, bekerjasama, memiliki ide, dan mcmiliki inisiatif.} }