relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18145/ title: STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS III YANG BERASAL DARI KELAS TAKHASUS DAN KELAS III BUKAN TAKHASUS DI MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA creator: DIAN GEVMALA PUTRI, NIM. 01420621 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Di pondok pesantren lbnul Qoyyim yogyakarta Pengajaran bahasa Arab selain menjadi bagian dari kurikulum juga menjadi salah satu bahasa wajib dalam komunikasi sehari-hari, sehingga pengajaran bahasa Arab itu sendiri menjadi sangat penting. Oleh karena itu, adanya perbedaan asal sekolah pada tingkat SMP/MTs tentu sangat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa. Dengan alasan agar tercipta pembelajaran yang efektif maka pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta menjembatani masalah ini dengan mengadakan program kelas takhasus di mana siswa yang berasal dari SMP/MTs bukan pondok yang tentu saja tidak memenuhi kualiftkasi ketika mengikuti ujian masuk MA Ibnul Qoyyim harus menempuh program kelas takhasus tersebut selama l tahun. Dalam skripsi ini, penulis ingin membandingkan prestasi belajar bahasa Arab siswa yang berasal dari kelas takhasus dan bukan takhasus serta faktor pendukung dan penghambat prestasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, untuk menjawab pennasalahan tersebut penulis menggunakan metode analisis kuantitatif berupa analisis data statistik dengan menggunakan rum us tes "t". Adapun basil yl1Ilg dkapai, yaitu, tiJal aJa vc• LcJi:icm y