%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD DIKYAH SALABY MAARIF, NIM. 02391284 %B FAKULTAS SYARI'AH %D 2007 %F digilib:18156 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K bmt ghifari, baitul maal wattamwil %P 164 %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PRODUK PEMBIAYAAN PADA BAITUL MAAL WATTAMWIL (STUD I KASUS PADA BMT GHIFARI YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18156/ %X Skripsi ini meneliti pengaruh kebutuhan modal nasabah, sikap nasabah, dan kemudahan akses terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT. Objek yang diambil pada penelitian ini adalah nasabah pembiayaan BMT Ghifari Y ogyakarta. BMT Ghifari adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang berdiri di Yogyakarta sejak tahun 1994. Penelitian ini mengajukan beberapa hipotesis yang diambil dari teori-teori yang telah dikaji. Pertama, kebutuhan modal nasabah berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Y ogyakarta. Kedua, sikap nasabah berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Yogyakarta. Ketiga, kemudahan akses berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Y ogyakarta. Keempat, kebutuhan modal nasabah, sikap nasabah, dan kemudahan akses berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Yogyakarta. Total jumlah nasabah pembiayaan BMT Ghifari adalah 34 orang. Jenis pembiayaan yang dimanfaatkan oleh para nasabah ialah pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah, pembiayaan ijaroh, pembiayaan murabahah, dan pembiayaan bai' bithaman 'ajil. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh,yaitu seluruh populaasi dalam objek penelitian dijadikan responden. Kemudian seluruh responden diteliti dengan cara mengisi kuisioner yang telah disediakan. Untuk mengetahui basil penelitian dari hipotesis yang telah diajukan, alat analisa yang digunakan adalah regresi betganda. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua dari variabel independen yaitu faktor kebutuhan modal nasabah dan faktor sikap nasabah mernpunyai pengaruh yang signiftkan. Sedangkan faktor kemudahan akses tidak berpengaruh secara signiftkan. Secara bersama-sama seluruh variabel independen betpertgaruh secara signiftkan sebesar 63%, sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain. %Z Sunarsih, SE, M.Si.