@phdthesis{digilib18158, month = {February}, title = {PENGARUH PROFIT ABILIT AS, STRUKTUR AKTIVA, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (STUDI DI MUAMALAT CENTER INDONESIA (MCI) YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 02391554 TIPUK SRI WENING NIM. 02391554}, year = {2007}, note = {Misnen Ardiansyah, SE, M. Si,}, keywords = {Struktur modal, pengaruh profitabilitas, struktur aktiva}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18158/}, abstract = {Struktur modal merupakan masalah yang penting dalam perusahaan. Struktur modal merupakan perbandingan antara modal asing atau hutang dengan modal sendiri atau equity. Dalam menentukan komposisi struktur modal, perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat sifat dan biaya dari masing-masing sumber dana yang akan dipilih, karena masing-masing sumber dana mempunyai konsekuensi finansial yang bcrbeda-beda. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal juga menjadi hal yang penting sebagai dasar pertimbangan. Struktur modal dipengaruhi oleh banyak faktor, baik yang dapat diukur maupun yang tidak. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel terhadap struktur modal. Objek penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di .Jakarta Islamic Index pada tahun 2000-2003. Alat analisis yang digunakan dalamn penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh adalah : 1) Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap struktur modal, 2) Struktur Aktiva secara parsial berpengaruh terhadap struktur modal, 3) Pertumbuhan secara parsial berpengaruh terhadap struktur modal, 4) Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Struktur Modal, dengan nilai R square sebesar 0.719 atau 71.9\%, yang berarti bahwa besar kecilnya struktur modal 71.9\% dipengaruhi oleh profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan perusahaan. Sedangkan 28.1\% dipengaruhi oleh variabel-variabellain yang tidak tercakup dalam model regresi; misalnya ukuran perusahaan, pajak, leverage operasi, kondisi pasar, dan lain-lain.} }