%A NIM. 00390100 ANDY HIDAYATULLAH %O SUNARSIH, SE., M.Si. %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH BPRS MARGIRIZKI BAHAGIA YOGYAKARTA %X Keanekaragaman latar belakang nasabah pada sebuah lembaga keuangan merupakan kendala tersendiri karena pada dasarnya secara personal, setiap orang mempunyai keinginan yang berbeda-beda. Dengan demikian, pihak bank perlu menerapkan sebuah strategi yang kiranya dapat lebih mengoptimalkan kualitas pelayanan dan citra produk sehingga setiap personal dari seluruh nasabah terpenuhi kebutuhannya. Kondisi pada saat nasabah terpenuhi kebutuhannya atas kualitas produk maupun layanan yang diberikan oleh perbankan sesuai dengan ekspektasinya, diharapkan dapat membangun dan membentuk kepuasan yang berujung pada loyalitas nasabah. BPRS Margirizki Bahagia sebagai lembaga keuangan syariah tertua di Yogyakarta telah terkenal dan memiliki pengalaman akan produk-produk layanan perbankan. Kelebihan tersebut tentunya akan menimbulkan sebuah tanda tanya, bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan citra produk di BPRS Margirizki Bahagia terhadap loyalitas para nasabahnya. Penelitian ini menggunakan kuesioner, pengukuran variabel dalam kuesioner dalam kuesioner menggunakan Skala Likert, dari skala 1 sampai 5. Hasil angka dari item pertanyaan kuesioner kemudian diolah menggunakan regresi linear berganda Varia bel dependennya adalah loyalitas, sedangkan variabel independennya adalah kualitas pelayanan dan citra produk. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS, artinya ketika kualitas pelayanan meningkat maka loyalitas nasabah akan meningkat, demikian pula sebaliknya ketika kualitas pelayanan menurun maka loyalitas nasabah akan menurun. Begitu pula dengan variabel citra produk yang secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS, artinya ketika citra produk naik, maka loyalitas akan ikut naik, demikian pula sebaliknya ketika citra produk turun maka loyalitas juga akan menurun. Adapun ketika diuji secara simultan (bersamasama), variabel kualitas pelayanan dan citra produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS. %K kualitas pelayanan, loyalitas nasabah %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18193