<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG)"^^ . "AI-Ghazali merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh yang\r\ndilahirkan pada abad pertengahan (abad 11 M), beliau sudah malang melintang\r\ndalam disiplin ilmu, dari sorang mutakallimin, fuqoha', filosof sampai sufi.\r\nSedangkan Hasan Lnggulung merupakan salah satu tokoh yang dilahirkan pada\r\nabad kontemporer (abad 21 M), yang menekuni dan konsentrasi dalam dunia\r\npendidikan dan psikol-ogi. •\r\nBertolak dari dua tokoh tersebut, yang ingin penulis konfirmasikan dalam\r\nskripsi ini adalah mencoba untuk membuka tabir pemikirannya dan menemukan:\r\nmakna yang sebenarnya tentang hakikat manusia dan implikasinya terhadap\r\npendidikan Islam. Adapun teknik analisis terhadap dokumen yang padat isi\r\npenulis menggunakan content analisys atau k£tiian isi. Sedangkan langkahlangkah\r\nyang penulis ambil antara lain: Pertama pengu1npufan data, kedua\r\npengolahan dan analisis data, ketiga interpretasi hasil analisis, dan yang keempat\r\npenyusunan laporan.\r\nDalam masalah hakikat manusia mereka sama-sama menafsirkan bahwa\r\nmanusia merupakan salah satu makhluk Allah yang dibebani kewajiban untuk\r\ntunduk dan patuh terhadap perintah-Nya, sebagaimana tujuan awal penciptaanNya.\r\nAkan tetapi tidak serta merta manusia mampu untuk memposisikan dirinya\r\ndalam wilayah yang telah dititahkan oleh Tuhan, semua itu karena selain manusia\r\nmempunyai aka!, hati, juga mempunyai nafsu. Dan hati sendiri menurut AIGhazali\r\nmerupkan organ yang sangat vital karena dialah nahkoda dalam diri\r\nmanusia, semakin baik hati manusia semakin baik perilakunya semakin baik perilakunya dan\r\nsebaliknya.\r\nDan ketika manusia menuruti hawa nafsunya yang jelek maka dia tidak ada\r\nbedanya dengan hewan bahkan lebih hina dari hewan.\r\nDisisi lain fungsi manusia diciptakan di alam ini selain untuk menjadi\r\naktor dalam kehidupan, juga berfungsi sebagai pelaku sejarah. Peradaban dan\r\nkebudayaan yang selalu silih berganti antara barat dan timur atau sebatiknya;• dan\r\nsemua itu merupakan hasil dari kreativitas manusia. Lahirnya suatu peradaban dan\r\nkebudayaan bukanlah sesuatu yang bersifat kebetulan, tapi hasil kerja keras dari\r\nmereka yang sadar akan eksistensi dirinya dalam mengimplementasikan anugerah\r\nTuhan yang bernama kemampuan.\r\nAdapun keterkaitan antara hakikat manusia. terhadap pendidikan adalah\r\ndimana manusia mempunyai peran ganda, disatu sisi sebagai subyek dan disisi\r\nlain sebagai obyek dalam pendidikan. Akan tetapi yang terpenting dari semua itu\r\nadalah bagaimana pendidikan bisa menumbuhkan kedcwasaan dalam diri manusia\r\ndan rasa bertanggungjawab terhadap dirinya maupun sekitamya.\r\nDan kctika bcrbicara tentang pcndidikan Islam dcwasa ini maka yang\r\nterekam dalam fikiran setiap orang adalah kemunduran dalam segala bidang, baik\r\nperadaban maupun kebudayaan. Dan penulis mempunyai asumsi bahwa setiap\r\norang yang terlibat langsung maupun tidak dalam dunia pendidikan pasti\r\nmengharapkan perubahan dan kemajuan seperti halnya pada abad pertengahan.\r\nOleh Karena itu tidak ada alternative lain kecuali memobilisasi generasi sekarang\r\nyang sadar akan tanggung jawab untuk mempersiapkan diri menatap masa depan\r\npendidikan Islam yang lebih progresif dan inovatif."^^ . "2007-09-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01470891"^^ . "MAHFUDZ ALI"^^ . "NIM. 01470891 MAHFUDZ ALI"^^ . . . . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Text)"^^ . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . . "HAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA\r\nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18236 \n\nHAKIKAT MANUSIA DAN IMPLIKASINYA \nTERHADAP PENDIDIKAN ISLAM \n(STUDI PEMIKIRAN AI-GHAZALI DAN HASAN LANGGULUNG)\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .