@phdthesis{digilib18256, month = {April}, title = {STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE TENTANG PENDIDIKAN HUMAN IS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NlM. 02411336 PRIBOWO}, year = {2007}, note = {Drs.Sumedi,S.Ag}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18256/}, abstract = {PRlBOWO, Studi Pemikiran Paulo Freire Tentang Pendidikan humanis Dan Relefansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UlN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran Paulo Freire tentang konsep pendidikan humanis dan untuk mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi wawasan pengetahuan dan sumber informasi bagi siapa saja yang berminat mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pemikiran Paulo Freire. Di samping itu penelitian ini juga dibarapkan menjadi pengcta11Uan seorang guru dalam meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan Islam dengan menggunakan metode mengajar yang humanis. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (lihrary researh). Pengumpulan data melalui studi pustaka. Analisis data mcnggunakan metode deskriptifanalisis, yakni mendeskripsikan data-data dalam bentuk kata dalam hal ini adalah pemikiran-pemikiran Paulo Freire mengenai pendidikan hurnanis sehingga ditemukan konsep pendidikan humanisnya setelah itu menganalisis data-data yang telah terkumpul mengenai pemikiran-pemikiran Paulo freire tentang pendidikan humanis dan humanis dalam pendidikan Islam yang diperoleh dari berbagai sumber, kemudian dievaluasi sehlngga ditemukan relevansi humanisnya Paulo freire dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian: (1) Konsep pendidikan humanisnya Paulo Freire adalah suatu pandangan, sikap dan aktivitas yang memberikan kesempatan yang seluasluasnya kepada anak (peserta didik) untuk berpartisipasi dalam menentukan pendidikannya agar ia tumbuh dan berkembang secara optimal dan wajar sesuai dengan potensi bakat dan minat yang dimil1kinya. (2) H.. elevansi pemikiran Paulo Freire tentang pendidikan humanis dcngan pendidikan Islam meliputi: A. Pembenan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk mengaplik..asikan skill yang dimilikinya. B. Pendidik.. dengan peserta didik sama-sama belajar dalam kelas atau dalam luar kelas. C. Peserta didik bukanlah obyek didik, yang hanya diibaratkan sebuah celengan atau bank yang hanya btsa diisi oleh garu.} }