<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\")"^^ . "Dalam transaksi ada istilah asas kontrak standar, yaitu perjanjian dengan\r\nsyarat-syarat baku. Dalam asas kontrak standar berarti syarat-syarat baku sepihak\r\nyang dibuat pelaku usaha harus diterima oleh konsumen, kadangkala perjanjian\r\ndengan syarat baku ini memuat syarat pengecualian tanggung jawab yang\r\ndinamakan dengan klausula eksonerasi (exemption clouse). Dengan demikian,\r\nasas semacam itu selalu atau lebih menguntungkan pihak yang membuat\r\nperjanjian.\r\nKenyataan yang terjadi dan sudah dianggap hal biasa oleh masyarakat,\r\nyaitu klausula baku yang terdapat dalam nota pembelian. Klausula tersebut\r\nbertuliskan \"Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan\". Dengan adanya\r\ntulisan tersebut konsumen berada dalam kedudukan yang lemah dan terpaksa\r\nmenerimanya karena posisinya yang tidak berdaya Sebenamya telah ada\r\nUndang-undang Perlindungan Konsumen yang salah satu materinya mengatur\r\nprihal pencantuman klausula baku. Walaupun secara yuridis sering dinyatakan\r\nantara pelaku usaha dan konsumen berkedudukan sama, tetapi faktanya,\r\nkonsumen adalah pihak yang selalu didikte menurut kemampuan si pelaku usaha.\r\nFenomena-fenomena kontrak standar yang banyak beredar di masyarakat\r\nmerupakan petunjuk jelas betapa tidak berdayanya konsumen menghadapi\r\ndominasi pelaku usaha.\r\nDalam Islam sendiri telah menetapkan adanya hak khiyir, yaitu sebagai\r\nupaya untuk menjaga agar tidak terjadi perselisihan antara pelaku usaha dan\r\nkonsumen. Di sinilah kajian a tau penelitian ini difokuskan.\r\nPenelitian ini mengambil fokus pembahasao bagaimana pandangan\r\nkonsep khiyir terhadap ldausula baku dalam slogan \"Barang yang sudah dibeli\r\ntidak dapat dikembalikan\". Adapun jenis peneitian ini adalah penelitian pustaka\r\nyaitu penelitian melalui berbagai literatur-literatur yang terkait dengan klausula\r\nbaku, sifat penelitian preskriptif yaitu dengan melakukan penilaian dari sudut\r\npandang Hukum Islam, kemudian menganalisisnya dengan metode induktif\r\nadapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan nonnatif dan ~iil fiqh.\r\nPada akhimya penelitian ini berkesimpulan, Khusula balcu dalam\r\nselogan \"Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan\" tidak dibenarkan\r\noleh Syari'at Islam apabila isinya menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku\r\nusaha, sebaliknya bila selogan tersebut tidak dimaksudkan demikian, namun\r\nhanya sebagai upaya melindungi dirinya dari kemungkinan akan terjadi\r\nkecurangan dari konsumen maka Syari'at Islam membolehkanya. Sedangkan\r\nselogan \"Barang yang sudah dibeli tidak. dapat dikembalikan\" tidak dapat\r\nmenjadi.kan bilangnya hak khiyil'. Hilangnya hak khiyac karena ada ketentuanketentuan\r\nyang telah di Syari'atkan oleh ~yara', selain itu. hilangnya kbiyar karena\r\nada kem~tan yang perlu dihindari agar kemaslahatan dapat tercapai dan\r\nkemu4aratan yang lain tidak akan timbul."^^ . "2007-06-07" . . . . "FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02381339"^^ . "MURWATI"^^ . "NIM. 02381339 MURWATI"^^ . . . . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Text)"^^ . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI\r\n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan\r\n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\") (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18262 \n\nKONSEP KHIYAR DALAM JUAL-BELI \n(Studi Kritis Islam terhadap Slogan \n\"Barang yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan\")\n\n" . "text/html" . . . "Muamalat" . .