relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18273/ title: PEMBINAAN AKHLAK SISWA 01 SLB AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA creator: SUKRON MUBAROK, NIM. 02411050 subject: Pendidikan Agama Islam description: SUKRON MUBAROK. Pernbinaan Akhlak Siswa di SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan dan menganalisis secara kritis tentang pernbinaan akhlak siswa di SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta, faktor pendukung, dan hasil yang dicapai dalarn pernbinaan akhlak tersebut. Hasil penelitian vini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk rnenyempurnakan pelaksanaan pernbelajaran dalarn pernbinaan akhlak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dan pengamatan . ..., Hasil penclitian menunjukkan: ( 1) Tujuan pembinaan akhlak siswa adalah untuk memberikan nuansa Islami dalarn lingkungan keluarga dan mengarnalkan ajaran agama Islam sesuai dengan kemampuan. (2) Materi yang dipakai dalam pembinaan akhlak adalah terintegrasi dengan materi pembelajaran, jadi belum ada materi yang baku dalam pembinaan akhlak tersebut. (3) Metode yang digunakan adalah metode Iovaas (ABA), metode sun-rise, dan metode drill, namun dalam pelaksanaan metode lovaaslah yang sering dipakai. ( 4) Evaluasi yang digunakannya adalah evaluasi harian, evaluasi bulanan, dan evaluasi catur wulan, dalam evaluasi catur wulan i~ bertujuan untuk mengetahui secara universal hasil yang dicapai dalarn satu semester. Faktor-faktor pendukung dalam pembinaan ahklak tcrsebut adalah: (1) Program pembelajaran yang sistematis. Pembinaan dilakukan saat siswa rnau melakukan aktifitas tertcntu. (2) Para pengajar yang cukup kompeten. Guru yang mengajar di SLB ini harus berijazahkan PLB atau Psikologi dan beragama Islam. (3) Ruang kelas dan lingkungan yang kondusif. (4) Sarana dan Prasarana yang mendukung. Fasilitas di SLB cukup lengkap. Hasil yang telah dicapai dalam pembinaan akhlak tersebut adalah:siswa setahap demi setahap mampu mengubah v perilaku dari perilaku yang kurang baik menjadi baik dan siswa mampu membaca do'a-do'a serta rnengucapkan salam. Narnun ada yang larnbat dikarenakan tingkat keautisannya yang berat date: 2007-07-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18273/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18273/2/BAB%20II%2CIII.pdf identifier: SUKRON MUBAROK, NIM. 02411050 (2007) PEMBINAAN AKHLAK SISWA 01 SLB AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.