%A NIM 02411145 SUMINI %O Drs, Sabarudin ,M.si %T KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK Dl TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MUTLL\RA HATIKLATEN %X SUMINI. Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Keagamaan Anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mutiara Hati Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui b~ntuk-bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam pembenntkan sikap dan perilaku keagamaan anak di TKIT Mutiara Hati Klaten, untuk mengetalmi upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembentukan sikap dan perilaku keagamaan anak di TKIT Mutiara Hati KJaten, serta untuk mengetallUi faktor pendukung dan penghambat dalam keijasama guru dan orang tua dalam pembentukan sikap dan perilah.'U keagamaan anak di TKIT Mutiara Hati Klaten. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan smnbangan pemikiran bagi TKIT Mutiara Hati Klaten untuk meningkatkan ke~jasama dengan orang tua s1swa dalam pembentukan sikap dan perilaku keagamaan anak di TKIT Mutiara Hati Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di TKIT Mutiara Hati Klaten. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari rnakna itulah ditarik kesimpulan. Pemenksaan keabsahan data dilakukan dcngan mengguuakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan swnber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian memmjukkan: (1) Bentuk-bentuk kerjasama guru dengan orang fua dalam pembentukan sikap dan perilaku keagamaan anak di TKIT Mutiara Hati Klaten meliputi pertemuan orang tua dan guru (POMG), adanya buku penghubung, dan konsultasi langstmg antara guru dan orang tua. (2) Upaya yang dilak1.tkan oleh pibak guru dalam mernbentuk sikap dan penlaku keagamaan anak adalah dengan memberikan keteladanan, pembiasaan, nasihat, menanamkan kedisiplinan, dan dengan bercerita; sedangkan upaya dari pihak orang tua dalam pernbentukan sikap dan perilaku keagamaan anak yaitu. menanamkan kejujuran, membiasakan beribadah, menanamkan sifat patuh. dan memberikan pengetalman agarna. (3) Faktor pendukung yang berasal dari pihak guru adalah kemampuan dari sebagian guru yang telal1 mencakup dalam kompetensi personal, sosial, dan profesional yang ditunjang dengan berbagai fasilitas/ media pembelajara.Il yang cukup memadai. Sedangkan faktor pendukung dari pihak orang tua adalah sikap keterbukaan dan peran serta dari sebagian orang tua dalam mengikuti pertemuan di sckolnh. Fuktor yang mendukune dari pihak siswa adalah sifat-sifat luhur yang dimiliki siswa seperti sifat patuh, jujur, tenggang rasa, dan menghormati serta didukung oleh faktor lingkungan sekolah yak:ni faktor peribadatan yang mencakup praktek sholat, praktek puasa pada bulan Ramadhan, dan praktek manasik haji. Adaptm faktor penghambat dari pihak guru adaiah sebagian guru yang memiliki Jatar beiakang pendidikan yang berbeda-beda, sedangkan fakor penghambat dari pihak orang tua adalah faktor kemalasan, kesibukan, tidak memiliki waktu adapun kesadaran dari sebagian orang tua akan pentingnya komunikasi dalam pembentukan sikap dan perilaku keagamaan anak sedini mungkin. %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18274