%0 Thesis %9 Skripsi %A TRI HARNINGSIH, NIM 03410137 %B Fakultas Tarbiyah %D 2007 %F digilib:18278 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %P 149 %T PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DI SDIT IBNU ABBAS KEBUMEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18278/ %X TRI HARNINGSIH. Model Pembelajaran Terpadu daiam Proses pendidikan Akhlak di SDIT Ibnu Abbas Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fahkultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan model pembelajaran terpadu dalam proses pendidikan akhlak dan hasil yang dicapai dalam proses pendidikan akhlak dengan model pembelajaran terpadu di SDIT lbnu Abbas Kebumen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan model pembelajaran terpadu dalam proses pendidikan akhlak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil datar penelitian di SDIT Ibnu Abbas Kebumen. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogik. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analtsis data dilakukan dengan membuat kategori dari makna yang terdapat dalam data, mencan dan menemukan pola atau hubungan-hubungan dan membuat temuan-temuan umum melalui penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pernbelajaran di SDJT Ibnu Abbas berupaya mengintegrasikan segala aspek yang dapat menunjang tujuan dan memberikan kemampuan dasar yang lengkap dan menyeluruh kepada peserta didik. Keterpaduan yang dirnaksud adalah meliputi nibi dan pesan, jangkauan pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan model pembelajaran terpadu yang dterapkan di SDIT ibnu Abbas ada empat model yattu model penggalan (fragmented), model keterhubungan (Connected). model saran. (nested), dan model jaring-jaring (webbeb) atau lebih dikenal dengan model tematik. (2) pemhelajaran tcrpndu dalam proses pendidibn akhlak di SDIT lbnu Abhas memherikan pengetahuan integral antara pengetahuan umum dan pcngetahuan agama. Peserta didik dapat menggunakan pengetahuan agama untuk memahami pengetahuan umum dan menggunakan pengetahuan umum untuk mendukung pengetahuan agama. Dari pengetahuan yang diperoleh tersebut memberi implikasi pada sikap dan perilakunya. Dengan pengetahuan yang diperoleh tersebut dapat meningkatkan ibadah peserta didik dan dapat meningkatkan kepekaan terhadap realita sosial yang ada. %Z Drs,ichsan,M.pd