%A NIM 0247 1070 ARIS BUDI SANTOSO %O Dra, Asnafiyah,M.Pd %T UPAYA BIMBINGAN DAN KONSELING.DALAM MENINGKA TKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO ( Studi Kasus Mata, Pelajaran AI Islam Dan Kemuhammadiyahan ) %X Selama ini banyak orang mengatakan bahwa bimbingan dan konseling atau yang dikenal denan BK di sebuah lembaga pendidikan hanya berfungsi sebagai hakim. Oleh karena itu berkembang anggapan bahwa BK sebagai sebuah unit di sebuah lembaga pendidikan menjadi momok bagi setiap siswa. Padahal BK, kalau kita lihat dan kita kaji secara jauh dan mendalam akan menemukan peran BK yang sesungguhnya. Oleh karena itu penelitian ini akan mengcounter anggapan yang miring terhadap BK. Akan tetapi pada penelitian ini, penulis hanya memfokuskan pada peran BK yang berkaitan dengan layanan dan bimbingan belajar. Penenlitan ini pada dasarnya bertujuan untuk mengungkap: pertama, pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah Kutoarjo, kedua, ingin melihat motivasi belajar siswa berkaitan dengan mata pelajaran AI Islam dan ยท Kemuhammadiyahan ( AIK ), dan yang ketiga, adalah mengungkap upaya apa saja yang dilakukan petugas bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran AI Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kutorajo, kabupaten Purworejo. Penulis pada penelitian ini melihat kondisi siswa di SMA Muhammadiyah Kutoarjo dalam belajar AI Islam dan Kemuhammadiyahan ternyata kurang bergairah dan kuraang semangat. Hal ini dibuktikan dengan ketika pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan, entah tiduran, malas mencatat pelajaran sampai ada yang meninggalkan pembelajaran. Memang tidak hanya BK yang mempunyai tugas untuk mengarahkan dan membimbing siswa dan memberikan motivasi kepada siswa, akan tetapi pada dasarnya semua personel yang ada di sekolah berhak untuk memberikan motivasi. Akan tetapi sekali lagi bahwa pemberian motivasi belajar perlu diserahkan kepada ahlinya, yaitu dalam hal ini BK. Dari beberapa upaya yang dilakukan oleh petugas bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah Kutoarjo, BK di sekolah tersebut sudah sangat serius dalam rangka peningkatan motivasi belajar siswa AI Islam dan Kemuhaamdiyahan ( AIK ). Upaya tersebut adalah: pemberian informasi tentang cara belajar yang efektif, pemberian wawasan kepada siswa bahwa ilmu agama juga sama-sama penting untuk dipelajari. Membantu siswa dalam mendapatkan buku-buku panduan, membentuk kelompok belajar, home visit, panggilan orang tua ke sekolah, mengajak dan memberi contoh kepada siswa untuk melakukan sholat jamaah di sekolah ( Dhuha, Dhuhur dan Jum'at ). Dan inilah hasil skripsi saya sendiri semoga berguna bagi semua pihak, baik bagi fakultas Tarbiyah yang memang menekuni seputar pendidikan Islam, dan juga bagi SMA Muhammadiyah Kutoarjo, semoga lebih meningkatkan kinerja dan mutu sekolah. Dan semoga juga skripsi ini bermanfaat untuk masa yang akan datang. Ami in. %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18290