%A NIM.02441390 MUHAMMAD HARIR %O Drs. H. Sumedi. S. Ag. %T PERAN ILMU KIMIA DALAM MENUMBUHKAN KETAUHIDAN SISWA MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %X Telah dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan ketauhidan siswa dan menganalisis tentang peran ilmu kimia dalam menumbuhkan ketauhidan siswa Madrasah Aliyah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta serta materi apa yang dikaji didalamnya. Hasil penelitian ini diht.rapkan dapat memberikan gambaran dan sumbangan untuk k.imia dalam mendidik siswa menuju ketauhidan yang hak.iki, yakni melaJui ilmu kimia, siswa dapat lebih dekat dengan Allah swt. Penelitian im merupakan penelitian deskriptif yang mengambil latar Madrasah Aliyah Mu'allimin Muharnmadiyah Yogyakarta Pengumpulan data dilakukan dcngan mengadakan observasi/pengamatan, wawancara, dokumen~i, dan diperkuat dengan pcnycbaran angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Khusus data melalui angkci cara pengolahannya dijadikan dalam bentuk prosentase. Kemudian memberikan makna untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, ketauhidan siswa terlihat sangat kental dalam realitas di lingkungan sekolah. Parameter ketauhidan siswa terbagi menjadi dua yaitu ibadah yang dijalankan oleh siswa, meliputi (l) shalat lima waktu secara berjarna'ah, (2) shaJat sunnah, (3) membaca AJquran, (4) puasa sunnah, (5) membataJkan puasa dengan sengaja, (6) shadaqah .karcna orang lain. Parameter kedua adalah penerapan nilai-nilai Islam, meliputi (l) taat kepada AlJah, (2) takwa kepada AlJah, (3) cinta kepada ..Allah, (4) takut kepada Allah, (5) harap kepada Allah, dan (6) tawakal kcpa.da Allah swt. Kedua, ilmu kimia mempunyai peran yang kurang daJam mcnumbuhkan ketauhidan siswa. Hal ini disebabkan karena dalam Kegiatan Belajar Mengajar kimia yang diintegrasikan dengan Islam kurang efektif dan kurang masif penyampaiannya. Berdasarkan wawancara, interpretasi siswa terhadap mata pelajaran kimia membuktikan bahwa: (I) dalam pembelajaran kimia, materi yang diintegrasikan dcngan Islam yang disampaikan oleh guru, porsinya cukup besar. (2) siswa menyadari bahwa ilmu k.imia dapat merubah dan memotivasi sikap I tingkah laku mcreka dalam mewujudkan kctauhidan. Berdasarkan pengolahan data melalui angket menunjukkan basil bahwa (I) datam pembelajaran kimia, matcri yang diintegrasikan dengan Islam porsinya sangat kurang. (2) kimia kurang dapat memberikan dorongan atau motivasi terhadap siswa untuk lebih dekat dengan Allah swt. Berdasarkan analisis penyusun, basil yang berbeda terscbut discbabkan karena siswa kurang dapat memahami teori dan konsep tentang integrasi sains (k.imia) dan Islam dalam sistem pembelajaran. %K Imu Kimia, Ketauhidan Siswa, Jntegrasi Sains-is/am %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18291