<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS"^^ . "Pembelajaran Muhadatsah Ditinjau dari Prinsip-prinsip\r\nActive Leaming di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI)\r\nMiftahussalam Banyumas. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan\r\nKalijaga, 2007.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran muhadatsah\r\nditinjau dari Prinsip-prinsip active learning di MA PPPI Miftahussalam\r\nBanyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan\r\n( observasi) sebagai pengumpulan data primer, wawancara, dan dokumentasi.\r\nAnalisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil\r\ndikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan menggunakan\r\nanalisa deskriptif-kualitatif.\r\nSecara teori pembelajaran aktif (active learning) sangat cocok apabila\r\nditerapkan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran\r\nmuhadatsah. Karena keaktifan siswa ยท sangat diutamakan dalam hal ini, baik\r\nkemampuan intelektual maupun kemampuan emosional. Dan yang perlu diingat\r\nadalah faktor guru, murid, dan lingkungan harus berjalan beriringan agar tujuan\r\ndapat tercapai.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran muhadatsah di MA PPPI\r\nMiftahussalam Banyumas mempunyai tujuan agar siswa dapat membiasakan diri\r\nberbicara/berkomunukasi dengan bahasa Arab. (2) Tujuan tersebut tidak didukung\r\ndengan materi, metode, media, prosedur (langkah-langkah), lingkungan, dan\r\nevaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran muhadatsah yaitu untuk\r\nmengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. (3) Pembelajaran muhadatsah di\r\nMA PPPI Miftahussalam Banyumas masih jauh dari konsep pembelajaran aktif\r\n(active learning). Hal tersebut dikarenakan sebagai berikut: Pertama: materi yang\r\ndigunakan tidak berkembang, karena hanya menekankan pada kemampuan siswa\r\nKedua: metode yang digunakan monoton, hanya dengan model power of two.\r\nUstadz tidak pernah memberikan meode baru untuk siswa. Ketiga: media yang\r\ndigunakan tidak maksimal, maksudnya sarana dan prasarana yang ada di pondok\r\npesantren tidak digunakan dengan baik. Keempat: tidak ada prosedur yang\r\ndigunakan ustadz dalam memberikan materi ataupun mengawasai siswa, sehingga\r\nsangat tergantung dengan kondisi subyektifitas seorang ustadz. Kelima adalah:\r\nlingkungan yang kurang mendukung untuk diterapkannya pembelajaran\r\nmuhadatsah. Terakhir adalah evaluasi, di mana tidak ada evaluasi yang diterapkan\r\nustadz untuk siswa maupun para ustadz untuk melakukan sebuah perkembangan\r\npembelajaran muhadatsah.\r\nSehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran muhadatsah di MA\r\nPPPI Miftahussalam Banyumas tidak sesuai dengan konsep dan prinsip-prinsip\r\npembelajaran aktif (active learning). Metode belajar aktif harus didukung dengan\r\nberbagai elemen. Antara guru, siswa dan lingkungan sekolah harus berjalan\r\nparalel untuk mencapai tujuan bersama. Apabila salah satu elemen tersebut\r\nmengalami ketimpangan, maka tidak mustahil tujuan yang hendak dicapai akan\r\ntidak maksimal."^^ . "2007-04-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00420081"^^ . "HASANUDIN"^^ . "NIM. 00420081 HASANUDIN"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP\r\nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH\r\nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI)\r\nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18299 \n\nPEMBELAJARAN MUHADATSAH DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP \nACTIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH \nPONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI) \nMIFTAHUSSALAM BANYUMAS\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .