%0 Thesis %9 Skripsi %A LAlLIYATUS SA 'DIYAH, NIM. 03420301 %B FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2007 %F digilib:18303 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K satuan pendidikan, madrasah aliah negeri %T IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MAN YOGYAKARTA I %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18303/ %X lmpJikasi Teoretis dan Praktis pembelajaran Bahasa Arab dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pral1ik pernbelajaran haha.sa Arnh herrlasarlcan teori tentang KTSP d.1 MAN Yogyakarta r, serta "-Pa saja yang menjadi kelebiban dan kek.urangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena sosia1 melalui gambaran bolistik. dan memperbanyak pemahaman yang mendalam, sehingga untuk membentuk p.emahaman tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktik. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian Japangan (field research). Sumber .data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kunlrulum, gum bah.asa Arab dan siswa kelas X MAU, XI IPA, XI IPS dan XI Bahasa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deduktif dan indukti.f Hasil penelitian menunjukkan : I) Praktik .pembelajaran baha'!a Arab berdasarkan toori tentang KTSP di MAN Yogyakarta J terdapat kesesuian yang cukup positif, hal ini dapat dibuktikan adanya kompetensi guru ketika rnelaksanakan beberapa komponen yang hams diterapkan daJam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori KTSP. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalab perencanaan, pelaksanaan scrta penilaian pembelajaran. Buk.ti kompetensi tersebut tidak hanya dinilai oleh peneliti, namun juga dibuktikan oleh siswa melalui jawaban·jawaban dari angket. Dengan demikian obyektivitas mengenai profesionalisme guru bahasa Arab MAN Yogyakarta I. telah terwujud, hal inilah yang m.enjadi cita-cita diberlakukannya KTSP. 2) Kelebihan dan kekurangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab dj MAN Yogyakarta I: kelebihannya adaJah dengan adanya KTSP guru dan siswa dituntut sama-sama aktif. KTSP juga dianggap meringankan beban guru, KTSP mampu mengangk;at potensi lokal. Kekurangannya adalah masih cUberlakukannya UAS sebagai p.enilaian yang sangat menentuk:an serta sangat mengikat, selaio itu kekurangannya adalab masih adanya sekat-sekat atau syarat·syarat yang kadang masih sa.ngat membatasi. misalnya penentuan materi pembelajaran. %Z Dr. H. A. Janan Asifuddin, MA