@phdthesis{digilib18309, month = {December}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DISMAN l BALONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2006/2007}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM 0245 1083 ANIP DWI SAPUTRO}, year = {2007}, note = {Drs.Satino,M.Si}, keywords = {kogaitif, simulasi role playing, hasil belajar biologi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18309/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode simulasi role playing dan metode konvensional terbadap hasil kognitif pembelajaran biologi kelas X pada pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia. (2) mengetahui tanggapan siswa terbadap penggunaan metode simulasi role playing pada pembelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah selurub siswa kelas X SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2006/2007. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group. Pengambilan data dengan metode test. dan angket. lnstrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahibannya. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan persentase dan uji-t. Uji prasyarat menggunakan (1) uji normalitas diperoleb basil data berdistribusi normal, (2) uji bomogenitas diperoleb basil bahwa sampel tidak bomogen. Hasil analis data menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi role playing pada pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia lebib mampu meningkatkan basil belajar kognitif dari pada metode konvensional pada siswa kelas X di SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2006/2007, ditunjukkan dengan basil uji-t yang diperoleb t-bit 4,326{\ensuremath{>}}t tabel dengan sig = O,OOO{\ensuremath{<}}a = 0,05 dan peningkatan basil post-test terbadap pre-test kelas eksperimen lebib besar dibanding kelas kontrol yakni 3,95 dan 2, 74. (2) Siswa kelas X3 SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2006/2007 memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi role playing sebesar 60,5\%.} }