@phdthesis{digilib18314, month = {April}, title = {STUDI TENTANG PEMBENTUKAN Bl'AH LUGHAWIYAH ASRAMA TAKHASUS PUTRI DI MADRASAH ALIYAH WA.HID HASYIM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 03420266 NUR HENI OKTORIKA}, year = {2007}, note = {H. Tulus Musthofa, Lc. MA.}, keywords = {bi'ah, pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18314/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program atau langkah-langkah yang dilakukan pembina dalam pembentukan bi 'ah lughawiyah asrama takhassus putri di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim, faktor pendukung dan penghambatnya, serta efektifitas pembentuk{\texttt{\char126}}n bi'ah lughawiyah tersebut. ?Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan motivasi pada Pembina dan santri asrama takhassus putri di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim dalam menciptakan bi 'ah lughawiyah agar dapat mempertabankan dan mengembangkan bi 'ah lughawiyah yang telah ada Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif k.u'1hlat1i yang berslfat h1dul-df (khusus-umum), yukni :.iclcluh Jutu lo1kwuvul, kemudian diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas, dianalisis isinya, dibandingkan data yang satu dengan yang lain, kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hnsil penelitian menunjukkan: (1) Langkah-langkah yang dilakukan Pembina pada kepengurusan 2006/2007 dalam pembentukan bi 'ah lughawiyah yaitu; satu, rm:nciptakan suatu lingkungan bahasa berupa asrama, dua, mcwajibkan snntri untuk bcrb1cara dcngan bahasn Asing, baik bahasa Arab maupun Inggris, tlga, a{\ensuremath{<}}lanya pP.mant::irnm hahasa hempa sangsi hahasa dan tashlihul lughah. empat, adanya program kelas bahasa, lima, adanya program muhadlarah, penambahan mufrad(lf, musabaqah bahasa, pengajian kitab-kitab kuning, penciptaan lingkungan bahasa, majalah dinding, dan wisata bahasa.(2) Faktor pendukung dalam pembentukan bi 'ah lughawiyah asrama takhassus putri di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim pada kepengurusan 2006/2007 adalah, satu, terdapat pengajar yang berpengalaman dalam bidang kebahasaan, dua, tersedianya lingkungan bahasa berupa asrama, tiga, adanya beberapa kegiatan pendukung. Faktor penghambat dalam pembentukan bi 'ah luglzawiyah asrama {\texttt{\char126}}akhassus putri di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim pada kepengurusan 2006/2007 adalah, satu. lemahnya kompetensi komunikatif Pembina pull i llen{\texttt{\char126}}{\texttt{\char126}}rn bah:u;:i Anb. dua. rend1hnva minat i antri 11nt11lc h{\texttt{\char126}}rknmnnikm{\texttt{\char126}}i ciP.nean bahasa Arab, tiga, anggapan santri bahwa bahasa Arab sulit dan rumit, empat, kurangnya motivasi antar santri, lima, kurangnya fasilitas berupa laboratorium bahasa, enam, suasana asrama yang kurang kondusif. (3) Prosentase keefektifan pembentukan bi 'ah lughaw1yah asrnmn ta.khassus putri adalah 21 ,27\%, Juli, pcmbcntulm.n bi 'ah lughawiyah ru:rama taldiaS6UE putri di Madrasah Aliyah w{\texttt{\char126}}hiil Hasyim pada keptmguru..-.an 2006/2007 liJak. cfd,lif} }