relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18364/ title: POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA GURU SMPN 1 JETISBANTULYOGYAKARTA creator: RUSMIYATI, NIM. 01410637 subject: Pendidikan Agama Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendidikan yang diterapkan dan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru SMPN 1 Jetis untuk memberikan P AI bagi anak dalam keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memperluas pengetahuan masalah pendidikan agama, khususnya pendidikan agama dalam keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di keluarga guru S.MPN 1 Jetis Bantul Y ogyakarta. Penentuan subyek penelitian dengan metode populasi. Hal ini dikarenakan jumlah subyek kurang 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode Deskriptif analitik Non Statistik dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pola yang diterapkan oleh guru SMPN 1 Jetis dalam memberikan PAl bagi anak dalam keluarga adalah pola pendidikan yang fleksibel yaitu pola pendidikan otoriter dan pola pendidikan demokratik. Pola pendidikan yang digunakan disesuaikan dengan materi dan tingkat perkembangan anak. Pemberian P AI bagi anak dalam keluarga diberikan dengan berbagai usaha dan metode. Usaha yang mereka lakukan untuk memberikan P AI bagi anak adalah memberikan pengetahuan tentang rukun iman, rukun islam, mengajari membaca al-Qur' an, membiasakan dan memberi teladan kepada anak dalam melaksanakan ibadah serta memasukan anak ke dalam lembaga pendidikan agama di sekitamya, seperti TPQ dan TPQ-L. Metode yang sering digunakan oleh keluarga guru SMPN 1 Jetis dalam memberikan PAl bagi anak adalah metode pembiasaan dan keteladanan. Namun dalam pelaksanaannya masih mengalami kendalalhambatan. Hambatan ini berasal dari lingkungan intern keluarga dan ekstem keluarga (lingkungan masyarakat). Hambatan-hambatan tersebut adalah siaran TV, ternan bergaul yang kurang baik, keasyikan bermain dan kesibukan orang tua. Adapun usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengatur jam nonton TV, mengawasi pergawan, anak, memberikan kritik serta nasehat dan meluangkan waktu untuk anak. Keberhasilan pendidikan agama bagi anak dalam keluarga sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga itu sendiri, lingkungan sekolah dan masyarakat. date: 2007-08-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18364/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18364/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: RUSMIYATI, NIM. 01410637 (2007) POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA GURU SMPN 1 JETISBANTULYOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.