%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR HADIYAH SHOLIKHAH, NIM. 02441385 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2007 %F digilib:18368 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kecemasan, Motivasi , Prestasi Belajar %T PENGARUH KECEMASAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER 1 MAN KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18368/ %X Skripsi ini disusun berdasarkan basil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara keccmasan dcngan prestasi belajar kimia siswa bila motivasi berprestasi dikendalikan sccara statistik, ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara motivasi bcrprestasi dcngan prestasi belajar kimia siswa bila kecemasan dikendalikan sccara statistik, serta ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara kecemasan dan motivasi bcrprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA semester 1 MAN Klaten tahun ajaran 2006/2007 scbanyak 4 kelas dengan jwnlah siswa 132 orang. Scbagai sampel pacta penelitian ini adalah kelas Xl IPA-1 dan Xl IPA-2 dengan jumlah 66 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. lnstruman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angkct kecemasan, angket motivasi, dan soal prestasi belajar kirnia dalam bentuk objekti[ Analisis data pene litian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan kecemasan (X,) dan motivasi berprestasi (X2) sebagai prediktor sedangkan prestasi bclajar kimia (Y) sebagai kriterium. Hasil analisis data pcnelitian ini dipcroleh harga Ry( t,2) scbcsar 0,5426, fyt-2 sebesar -0,3513 dan ry2-t sebesar 0,3465 ( rt5%dengan n 66 sebesar 0,244). Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) ada hubungan yang positif dan bermakna antara kecemasan dcngan prestasi belajar kimia siswa bila motivasi berprestasi dikendalikan, 2) ada hubungan yang positif dan bermakna antara motivasi bcrprcstasi dengan prcstasi belajar kimia siswa bila kecemasan dikendalikan, 3) ada bubungan yang positif dan bermakna antara kecemasan dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa. Sumbangan efektif kecemasan terhadap prestasi belajar kimia sebesar 14,89%, sedangkan sumbangan efektif motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kimia sebesar 14,55%. %Z Dra Das Salirawati, M.Si