<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN"^^ . "ANITA TRIANA W A Tl. Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran\r\nMatematika Melalui Model Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted\r\nIndividualization (T AI) di SO Muhammadiyah Kayen Sleman. Skripsi.\r\nYogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007.\r\nPenelitian yang dilakukan dengan menerapkan model belajar kooperatif\r\ntipe TAl (Team Assisted Individualization) pada pembelajaran matematika di\r\nkelas V SD Muhammadiyah Kayen Sleman ini bertujuan untuk meningkatkan\r\nefektivitas pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan dua indikator yaitu\r\nproses dan hasil. Proses disini peneliti hanya mengambil indikator yang meliputi\r\ninteraksi, motivasi dan aktivitas dalam pembelajaran. Aktivitas dilihat dari aspek\r\nkesiapan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran, menyelesaikan soaVtugas dan\r\nkerjasama dengan ternan. Motivasi dilihat dari aspek perhatian siswa terhadap\r\nproses pembelajaran dan semangat yang tinggi dalam pembelajaran. Sedangkan\r\nhasil belajar siswa ditinjau dari nilai, baik nilai kuis/soal latihan, ulangan harian\r\ndan lain-iain.\r\nPenelitian tindalmn kdas pada pokok bahasan pecahan ini, dilaksanakan\r\ndalam dua siklus dengan subjek seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Kayen\r\nSieman yang bedumlah 35 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa\r\nperempuan. Data basil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama\r\npembelajaran berlangsung, angket siswa, wawancara dengan siswa, catatan\r\niapangan dan dokumentasi.\r\nPembelajaran denga11 model bel~jar kooperatif tipe TAl (Team Assisted\r\nIndividualization) ini dengan menerapkan delapan komponennya yang berupa tes\r\npenempatan, pembentukan keiompok, beiajar (mengeTjakan tugas) secara\r\nindividu, kelompok (tim) be/ajar, Skoring kelompoklpenghargaan kelompok,\r\nmengajar kelompok, tes/u/angan, mengajar se/uruh kelas. Dalam model T AI ini\r\nmeiatih siswa untuk meningkatkan daya kreatititasnya karena didaiamnya terdapat\r\nbelajar kelompok setelah mereka mengerjakan tugas secara individu. Melalui\r\nbelajar kelompok siswa saling mendiskusikan dan saling mencocokkan hasil\r\npekedaan daiam satu kelompok. Sehingga dengan belajar kelompok interaksi\r\ndapat berlangsung dengan baik. Siswa juga merasa lebih senang belajar\r\nmatematika dengan adanya belajar kelompok.\r\nPelaksanaan model T AI dengan indikator pembeiajaran efektif dapat\r\nriilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa sebesarl4,64% yakni dari 62,75%\r\npada siklus pertama menjadi 77,39% pada siklu~ kedua. Peningkatan motivasi\r\nbeiajar siswa dari 70,89% pada siklus pertama menjadi 80,04% pada siklus kedua.\r\nHal ini menunjukkan bahwa tujuan dari pembelajaran ini tercapai meskipun\r\npersentase tersebut tidak satu-satunya alat untuk mengukur efektivitas belajar.\r\nKey word: Efektivitas, TAl"^^ . "2007-09-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02431257"^^ . "ANITA TRIANAWATI"^^ . "NIM. 02431257 ANITA TRIANAWATI"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN\r\nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18371 \n\nUPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN \nMATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF \nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL) \nDI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .