%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD ALI FAUZI, NIM. 00430489 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2007 %F digilib:18372 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %T PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEINOVASIAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN TEGAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18372/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru matematika SMP Negeri di Kabupaten Tegal tentang Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), keinovasian guru matematika SMP Negeri di Kabupaten Tegal dan hubungan antara pemahaman guru SMP Negeri di Kabupaten Tegal tentang Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan keinovasiannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri di Kabupaten Tegal. Sample diambil sebanyak 50 orang guru matematika dari 15 SMP Negeri di Kabupaten Tegal dengan metode Purposive Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrurnen yang berupa tes pemahaman tentang Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan skala Likert keinovasian. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata, simpangan baku, median dan distribusi frekuensi. Analisis inferensial meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman guru matematika SMP Negeri di Kabupaten Tegal tentang Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) sebesar 12,02 (60, I % dari skor maksimal yang mungkin dicapai) dengan simpangan baku 3,061 dan dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan keinovasiannya, sebagian besar guru menunjukkan skor rata-rata 112,6 ( 70,4 % dari skor maksirnal yang mungkin tercapai) dengan sirnpangan baku 17,023 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan pengujian terhadap hipotesis diketahui bahwa nilai r sebesar 0,373 dan koefesien determinasi antara variabel tingkat pemahaman tentang Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan variabel tingkat keinovasian sebesar 0,139 yang berarti bahwa 13,9 % tingkat pemahaman tentang Pendekatan Pernbelajaran Kontekstual (Contextual Teaching anti Learning) berpengaruh terhadap keinovasian.[] %Z Drs. Rachmadi Widiharto, M.A.