<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK"^^ . "Hadis Nabi Riwayat Abu Ya'la dari 'Abdullah bin 'Umar radiyalahu 'anhuma bab 10\r\nno. 5659 lernyala Ielah menggambarkan realitas umat Islam sekarang ini herupa kehinaan\r\ndalam benluk kebodohan dan kemiskinan. Tawaran solusi yang diberikan oleh beliau\r\nSallallahu 'alaihi wa Sallam adalah kembali kepada agama yang berpondasikan ai-Qur'an\r\ndan as-Sunnah. Oleh karenanya bidang pertama dalam kembali kepada agama adalah bidang\r\npendidikan yang beifungsi untuk memberikan pemahaman yang benar dalam heragama,\r\nkarena tidak mungkin kembali kepada agama lanpa mengelahui agama itu sendiri dengan\r\nbenar. Pembacaan AI-Faruqi lerhadap realita.\\• ini mengarahkan pada peruhahan pada bidang\r\nPendidikan terkhusus pada kurikulumnya. Hal ini disebabkan sudah mengakar kuat kurikulum\r\npendidikan yang berasal dari baral yang bersifal materialistis dan dikolomis antara agama\r\ndan sains. Pennasalahan ini dapal di alasi dengan penyusunan kurikulum yang berakar\r\nkepada a!-Qur'iin Jan as-Sunnah secara global dan dalam setiap bidang keilmuan.\r\n\r\nMatematika sebagai salah satu bidang keilmuan dan sebagai salah satu materi\r\nkependidikan yang Ielah ada dalam sejarah panjang perjalanan umat Islam baik secara\r\nintegral dalam waris dan zakal, dan melalui buah karya filosof yang mengembangkannya di\r\ndalam dukumgan penguasa muslim perlu dikembalikan kepada agama selelah tumbuh liar di\r\ndalam asuhan faham malerialisme yang dikotomistik. Untuk mengembalikannya kepada\r\nagama itu diperlukan suatu paradigma allernatifyang dideduksi dari pemahaman agama yang\r\njelas dan benar yang diistilahkan dengan paradigmu profetik. Paradigma ini dimaknai\r\nsebagai memandang sesuatu dari kerangka wahyu yang terdiri alas al-Qur'an dan as-Sunnah\r\ndengan dipahami melalui generasi-generasi lerdekat Nabi yaitu generasi sahabat kemudian\r\ngenerasi at-tabi 'in kemudian generasi tabi at-tabi 'in.\r\nSebelum mendeduksi al-Qur'lm dan as-Sunnah menjadi prinsip-prinsip paradigmatik\r\nkurikulum diperlukan suatu rumusan paradigma projelik secara jelas dan sualu gambaran\r\nsejarah keilmuan dan pendidikan malematika dalam islam. Adapun pisau analisa yang\r\ndigunakan adalah sebagai berikul: (a) Penggunaan landasan leologis dalam menggambarkan\r\nrumusan paradigma profetik yang ditunjang oleh pembuktian teologis dan historis\r\nberdasarkan analisis yang logis. (b) Penggunaan melode hisloris dalam menggamharkan\r\nperkembangan matematika dalam sejarah Islam. (c) Penarikan konklusi berupa prinsipprinsip\r\ndasar kurikulum malemalika dari al-Qur'an dan as-Sunnah. (d) Contoh aplikasi\r\nprinsip-prinsip dasar tersebut dalam realitas pembelajaran.\r\nPrinsip-prinsip kurikulum malematika berparadigma profelik yang berhasil dideduksi\r\ndari kedua landasan teologis tersebut adalah (1) dalam tujuan pendidikan matematika adalah\r\n(a) untuk memberikan kemampuan berhitungan yang berguna dalam kehidupan keseharian,\r\n(b) untuk memberikan kemampuan dasar fiqh islam seperli un1uk perhitungan waris dan\r\npe•rhitungan zakat dan (c) untuk pengembangan ilmu pengelahuan dan teknologi. (2) dalam\r\nmaleri pendidikan malematika dideduksi (a) prinsip integralistik, (b) prinsip perkemhangan\r\npeserta didik, (c) prinsip kesinambungan, dan (d) prinsip kemaJ?faalan (3) dalam melode\r\npembelajaran malemalika adalah prinsip kesesuaian dengan kemampuan peserta didik (4)\r\ndalam evaluasi pembelajaran malematika dideduksi (a) prinsip kesesuaian dengan tujuan dan \r\n(b)prinsip berjangka waktu. Prinsip prinsip inilah yang diharapkan menjadi kerangka acuan\r\npenyusunan . suatu kurikulum matematika yang berdasarkan paradigma profotik sebagai alternative atas kegagalan kurikulum yang berasal dari barat dalam menjadikan umat islam\r\nkembali kepada kemuliaannya dan dominasinya terhadap dunia."^^ . "2007-09-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01430718-00"^^ . "MUHAMMAD FIRDAUSA NUZULA"^^ . "NIM. 01430718-00 MUHAMMAD FIRDAUSA NUZULA"^^ . . . . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Text)"^^ . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18378 \n\nKURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .