eprintid: 18386 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/83/86 datestamp: 2015-11-19 07:04:25 lastmod: 2015-11-19 07:04:25 status_changed: 2015-11-19 07:04:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADNAN KHARIS, NIM. 01460581 title: ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA I ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Analisis, Penilaian berbasis kelas. note: Warsono, M.Si. abstract: Penelitian ini berlujuan untuk (1) Mengetahui pelaksaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yogyakarta (2) Untuk mengelahui kesesuaian pelaksanaan penilaian berbasis kelas dengan kurikulum berbasis kompetensi. (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yo[zyakarta I Subyek penelilian adalah guru mala pelajaran fisika dan siswa kelas Vl/1 MJ:\N Yogyakarla I tahun ajaran 200612007. Sampel penelitian ada/ah kelas VII E dan VIII C. sample diambil dengan tehnik cluster random sampling. Data diambil dengan meteode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan (/) Bentuk dan a/at penilaian berbasis kelas yang telah digunakan di MTsN Yogyakarta I, meliputi: a. Kuis digunakan untuk menanyakan hal-hal prinsipi pembelajaran yang lalu secara singkat, a/at peni/aiannya berupa pertanyaan singkal, uraian singkat. b Pertanyaan lisan digunakan untuk mengungkap penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari, dilakukan dengan memberikan petanyaan yang diberikan secara acak kepada seluruh siswa. c. Tugas individu diberikan secara periodik untuk diselesaikan siswa a/at penilaiannya berupa pekerjaan rumah, merangkum meteri pelajaran, tes identifikasi, dan paper and pencil d. Tugus kelompok diberikan kepada untuk menilai kemampuan kelompok,. da/am memecahkan suatu masalah, a/at penilaiannya berupa praktikum fisika dan tes unjuk kerja dcngan cara membuat kmya fisika sederhana. e. Ulangan harian dilakukan secara periodik setiap satu pokok bahasan pelajaran selesai, insJrument penilaian dengun tes uraian f. U/angan semester di/akukan tiap akhir semester untuk meni/ai k.etunlasan penguasaan kompetensi dilakukan secara bersama-sama o/eh seluruh siswa pada akhir semester. (2). Bentuk dan alai penilaian berbasis kelas Ielah dilaksanakan lebih dari 70% maka dapal disimpu/kan bahwa pelaksanaan penilaian berbasis kelas di MI'sN Yogyakarta I sudah dilaksanakan dengan haik (3). Faktor pendukung pelakasanaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yogyakarta I adalah kreatifitas guru da/am membuat a/at penilaian dan cara memberikan tugas kepada siswa, sedangkan faktor penghambat adalah masih kurangnya alar peraga pembelajaran khususnya untuk menilai aspek psikomotorik dan siswa masih kesulitan dalam mengerjakan Ins/rumen penilaian portofolio, tugas proyek tes paper and penci, prakaryafisika dm• identifikasi yang masih tergolong baru. date: 2007-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ADNAN KHARIS, NIM. 01460581 (2007) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18386/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18386/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf