<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA)"^^ . "Pada masa Rasulullah dan Khulafa'ur Rasyidin zakat dikelola langsung oleh\r\npemerintah. Rasulullah menunjuk sahabat tertentu sebagai amil (pengelola). Praktik ini\r\ndilanjutkan oleh para khalifah setelah beliau. Dalam perkembangan sejarahnya,\r\nterutama ketika negara-negara berpenduduk mayoritas muslim berada baJam\r\npenjajahan, .zakat semakin terpisah dari institusi negara, dikelola secara tradisional, dan\r\nhanya menjangkau sektor-sektor yang sangat terbatas. Akibatnya, zakat tidak lagi\r\nmenjadi soko guru bagi tegaknya kesejahteraan dan keadilan sosial.\r\nMasdar F. Mas'udi dan M. Djamal Doa berangkat dari visi yang sama untuk\r\nmenempatkan kembali zakat sebagai salah satu elemen pembangunan (pengentasan\r\nkemiskinan dan pemberdayaan sektor-sektor yang di dalamnya terdapat kepentingan\r\nmasyarakat umum, terutama yang tidak mampu) yang secara langsung dikelola oleh\r\nnegara. Akan tetapi, pada detil pemikiran mereka terdapat banyak perbedaan, yang\r\nutamanya disebabkan perbedaan mereka dalam memaknai zakat\r\nKajian ini membahas pemikiran kedua tokoh tersebut yang meliputi landasan\r\npemikiran dan metode is!inbii/ hukum yang mereka gunakan dengan pendekatan usul\r\nfiqh. Surnber primer kajian ini adalah tulisan-tulisan mereka yang berkaitan dengan\r\nzakat dan tulisan-tulisan mereka lainnya yang mendukungnya.\r\nMelalui pendekatan sejarah yang khas Masdar menyimpulkan bahwa zakat\r\nadalah pungutan yang dimasa modern ini disebut pajak. Zakat adalah spirit yang\r\nmenjadi jiwa bagi lembaga pajak. Dalam kaca mata pandangan ini, agar sejalan dengan\r\ntujuan dan prinsip etis zakat maka lembaga pajak ini harus disusun ulang mengikuti\r\naturan-aturan zakat yang pokok (ni~ab, }Jaul, tarif zakat, obyek zakat, dan kepada siapa\r\nzakat diperuntukkan), yang juga telah diperbaharui. Di sini Masdar menekankan\r\npentingnya peran S)'Ura sebagai wadah ijtihad jama'i untuk rnencapai kesepakatan\r\nulama yang mengikat pemerintah dan seluruh rakyat.\r\nSedangkan Djamal tetap berpegang pada pandangan jurnhur bahwa zakat dan\r\npajak berbeda. Untuk menghindari adanya pungutan ganda yang memberatkan, Djamal\r\nmengusulkan pernberian subsidi silang yaitu salah satu yang lebih kecil dari dua\r\nkewajiban tersebut tercakup d~lam lainnya yang lebih besar. Menurut Djarnal, zakat\r\nharus dibenahi terutama dalam manajemen dan pengelolaannya agar potensinya untuk\r\nkeadilan sosial dapat dimaksimalkan. Untuk itu Djamal mengusulkan pembentukan\r\nDepartemen Zakat yang independen dengan mencontoh sistem adrninistrasi pengelolaan\r\npajak.\r\nDalam terna pengelolaan zakat ini, corak pemikiran Masdar adalah teologisfilosofis\r\ndengan concern lebih banyak kepada pergulatan pemikiran di dunia fiqh dalam\r\nbingkai sebuah negara. Sedang Djamal, pemikirannya bercorak teknis-metodis yang\r\nterfokus pada pentingnya peran dan keseriusan negara untuk dan bagaimana seharusnya\r\nmengelola zakat.\r\nSecara umum. dasar pemikiran Masdar dan Djamal tidak jauh berbeda. Mereka\r\nsama-sarna berangkat dari prinsip m~lal;ah dan konsep tanggung jawab negara\r\nterhadap rakyat. Perbedaan lebih terlihat dalarn metode isfinbat hukum mereka.\r\nMeskipun Masdar terlihat lebih berani untuk membongkar pasang bangunan fiqh dan\r\nusul fiqh yang telah mapan, namun masing-masing pemikiran dari kedua tok.oh tersebut\r\nmerupakan upaya ijtihlsdi yang sangat berarti bagi cita-cita untuk mengembalikan zakat\r\nsebagai soko guru tegak:nya kesejahteraan dan keadilan sosial."^^ . "2007-09-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI'AH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02361269"^^ . "YUSUF TRIHANANTA"^^ . "NIM. 02361269 YUSUF TRIHANANTA"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Text)"^^ . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Text)"^^ . . . "BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA\r\n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN\r\nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18388 \n\nPENGELOLAAN ZAKAT OLEH NEGARA \n(STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN \nMASDAR F. MAS'UDI DAN M. DJAMAL DOA)\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .