TY - THES N1 - Satino, M.Si., ID - digilib18403 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18403/ A1 - ANGGIA PUSPITA, NIM. 02451365 Y1 - 2007/04/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran dengan Jelajah Alam dan pembelajaran dengan metode konvensional/ceramah pada materi pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup dan mengetahui tanggapan siswa kelompok eksperimen terhadap cara belajar dengan model Jelajah Alam. ? Penelitian ini merupakan Quasy Eksperiment (eksperimen semu) yang rancangan penelitian menggunakan desain Randomized control group pretest-postest. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling. Perlakuan yang diberikan pada kelompok siswa eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Jelajah Alam sedangkan kelompok siswa kontrol menggunakan metode ceramah dengan materi pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup. Analsis data menggunakan tehnik pengujian hipotesis dengan uji t untuk data kuantitatif yang diperoleh dari pre-test dan post-est. Sedangkan data kualitatif yang diperoleh dari observasi pada aspek psikomotorik dan aspek afektif siswa, dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik persentase. Hasil uji t pada kemampuan awal ( pre-test) menunjukan t hitung < t tabel pada taraf signifikan 5% sehingga dapat dikatakan hasil kemampuan awal (pretest) siswa tidak ada perbedaan yang signifikan. Hasil observasi siswa untuk ranah psikomotorik rata-rata terdapat 85 % siswa yang sudah melaksanakan aspek-aspek psikomotorik. Hasil observasi terhadap siswa untuk ranah afektif rata-rata terdapat 84% siswa yang telah melaksanakan aspek-aspek afektif. Tanggapan siswa kelompok eksperimen terhadap pembelajaran dengan model Jelajah Alam adalah positif ditinjau dari aspek ketertarikan dan manfaat yang dirasakan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model pemhelajaran KW - jelajah alam KW - prestasi belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS N YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2006/2007 AV - restricted EP - 121 ER -