<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab)"^^ . "Kata lahwun dalam al-Qur'an di antaranya dihubungkan dengan kata\r\nlahw al hadis. dan lahwun wal la'ibun. Sisi perbedaannya yaitu lahw al hadis lebih \r\ncenderung kepada hiburan yang berupa ungkapan atau lebih identik dengan lagu\r\natau syair. Sedangkan lahwun wa lai'bun memiliki arti luas yang mencakup\r\nseluruh aspek hiburan berupa macam-macam bentuk permainan yang dilakukan\r\nmanusia. Keterangan di alas tersebut menunjukkan bagian dari lahwun yang\r\ntelah dijelaskan dalam al-Qur'an.\r\nPenafsiran kata lahwun ini dinilai sangat penting untuk dikaji, karena\r\nmasih banyak kontroversi dalam penafsiran kata lahwun dikalangan para ulama,\r\ndisatu pihak lahwun ditafsirkan sebagai perkataan yang tidak berguna dan\r\ndipihak lain lahwun ditafsirkan sebagai hiburan. lahwun dinilai masih jarang\r\ndiketahui oleh masyarakat pada umumnya. ยท Penulis mencoba memberikan\r\npemahaman yang relevan dengan konteks kekinian. Skripsi ini mengangkat\r\npendapat dari mufasir Indonesia dan dilengkapi dengan pandangan para\r\nbudayawan tentang lahwun.\r\nPembahasan skripsi ini memakai metode komparatif. Metode ini\r\nmembandingkan penafsiran Hamka dan Quraish Shihab, disertai dengan\r\npenjelasan sebab turunnya ayat dan dicantumkan beberapa hadis untuk\r\nmelengkapi pembahasan ini. Dengan metode ini penulis berharap bisa\r\nmempertemukan penafsiran dan pendapat yang selama ini menjadi kontroversi\r\nantara ulama dan para budayawan.\r\nAdapun hasil dari penulisan ini bahwa Mufasir memberikan penafsiran\r\nlahwun lebih cenderung kepada lahwun al hadis yang berupa slogan-slogan atau\r\nperkataan yang dapat menyesatkan manusia untuk berpaling dari Allah, Seperti\r\npermainan ideologi dan propaganda politik. Di samping itu dinyatakan bahwa\r\nlahwun mengandung unsur kesenian, dan seni itu adalah fitrah manusia dan\r\nfitrahnya pula untuk mencintai keindahan, karena sccara psikologis manusia\r\nmembutuhkannya sebagai media untuk mcnghibur diri. Adapun para budayawan\r\nmengatakan bahwa lahwun dianggap suatu perbuatan yang menjadi sebuah\r\nkreatifitas manusia yang memiliki fitrah dan naluri untuk mengungkapkan\r\nkeindahannya, sekaligus menjadi sebuah perwujudan ekspresi manusia yang\r\nmasih memiliki batasan tertentu. Dapat diketahui bahwa segala bentuk hiburan\r\nsebagai produk budaya tersebut adalah termasuk ke dalam lahwun, karena\r\nsebenarnya dunia adalah lahwun dan permainan. Oleh karena itu senda gurau\r\nyang tidak bertujuan untuk kejahatan atau kemaksiatan maka hal itu\r\ndiperbolehkan. Dalam fenomena yang tampuk, bahwa begitu banyak jenis dan.\r\nbenluk hiburan yang dapat mcnycsatkan chm mcnjcrumuskan scscorang kcpada\r\nlembah kemaksiatan, namun tidak seluruhnya hal tcrsebut memiliki nilai negatif.\r\nOleh sebab itu tidak seharusnya menutup diri dari realita yang terjadi, karena\r\npada hakikatnya manusia sebagai makhluk physic dan hal itu sudah menjadi\r\nfitrahnya. Tidak selamanya lahwun berdampak buruk, namun dampak dan\r\nlahwun itu sendiri dapat menolong seseorang dalam situasi tegang, seperti stress\r\nkarena kepadatan pekerjaannya. lahwun (menghibur seketika) dapat menjadi\r\nobat bagi jiwa. Oleh sebab itu lahwun itu suatu keharusan. Namun untuk\r\nseperlunya saja, selayaknya obat yang tidak boleh digunakan secara berlebihan\r\nkarena akan berakibat tidak baik."^^ . "2006-12-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 98532777"^^ . "AHMAD FAJERI"^^ . "NIM: 98532777 AHMAD FAJERI"^^ . . . . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Text)"^^ . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "LAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN\r\nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18420 \n\nLAHWUN DALAM PERSPEKTIF PENAFSIRAN \nINDONESIA(Studi Komparatif Tafsir Hamka dan Quraish Shihab)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .