%0 Thesis %9 Skripsi %A SYAIFUL ARIFUDIN, NIM.02471014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2007 %F digilib:18427 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Bidang Studi Aqidah Akhlak %P 95 %T UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK Dl MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18427/ %X SYAIFUL ARIFUDIN. Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak di MTs Negeri Borobudur Magelang. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang berbagai upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam usahanya meningkatkan kompetensi guru bidang studi Aqidah Akhlak di MTs Negeri Borobudur Magelang, serta hasil yang dicapai dalam peningkatan kompetensi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru bidang studi Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Borobudur Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Negeri Borobudur menggunakan dua teknik, yaitu teknik individu dan teknik kelompok. (2) Teknik individu, kunjungan kelas dan pertemuan individu adalah untuk meningkatkan kompetensi personal dan kompetensi profesional. (3) Teknik kelompok: rapat guru, pertemuan orientasi guru baru serta mcngikutsertakan penataran dan seminar adalah untuk meningkatkan kompetensi sosial kemasyarakatan dan kompetensi profesional. (4) Dengan peningkatan kompetensi personal, kompetensi sosial kemasyarakatan serta kompetensi profesional, khususnya guru bidang studi Aqidah Akhlak menjadikan guru bidang studi Aqidah Akhlak lebih bersemangat dan lebih memahami tugas serta kewajibannya masing-masing. %Z Drs. H. Suismanto, M.Ag.