@phdthesis{digilib18428, month = {July}, title = {PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL DDFK PROBLEM SOLVING DALAM UPAYA MENUMBUHKAN MINAT DAN PRESTASI PADA FISIKA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01460813 MIRFA FIDATI}, year = {2007}, note = {Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si.,}, keywords = {model pembelajaran ARIAS, peningkatan aktivitas dan prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18428/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan minat dan prestasi siswa terbadap mata pelajaran fisika antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan model DDFK problem solving. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMAN I Wates tahun ajaran 2006/2007 sebenyak 4 kelas (153 orang). Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sample. Desain penelitian yang digunakan adalab PretestPosttest Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji peningkatan prestasi siswa diperoleh t hitung pada kelas eksperimen -5,260 sedangkan kelas kontrol -2,564. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa pada kedua kelas (eksperimen dan kontrol) terdapat peningkatan prestasi antara sebelum dengan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran DDFK problem solving. Sedangkan uji peningkatan minat belajar siswa trutungpada kelas ekspcrimcn -9,069 sedangkan kelas kontrol -1,380. Dari basil perhitungan tersebut dapat disimpilkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol tidak terdapat peningkatan minat belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran DDFK problem solving dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika.} }