%A Lailatu ROHMAH %J AL BIDAYAH %T IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DI SDIT INTERNASIONAL LUQMAN HAKIM YOGYAKARTA %X Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SDIT Lukman Hakim Internasional Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan siklus reduksi data, display data, dan verifi kasi/kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Living Skills adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari: (2) Learning skills adalah keterampilan yang digunakan agar selalu mengembang - kan diri melalui proses belajar yang berkelanjutan; (3) Thinking skills adalah keterampilan yang dibutuhkan pada saat ber pikir untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Implementasi kurikulum berbasis ESD dan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Guru dan sekolah mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan tersebut kedalam kurikulum, silabus dan RPP. Kata kunci: Kurikulum, ESD, SDIT Internasional Lukman Hakim %N 2 %K Kurikulum, ESD, SDIT Internasional Lukman Hakim %P 217-234 %V Vol. 6 %D 2014 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %R 001 %L digilib18438