<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007"^^ . "Sejauh ini pendidikan di Indonesia masil1 didominasi oleh pandangan bahwa\r\npengetahuan merupakan seperangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Hal ini\r\nberimplik.asi pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya Biologi\r\ncenderung bersifat textbook oriented, dan siswa kurang diberi kesempatan untuk\r\nberaktivitas.Oleh karena itu metode dan pendekatau harus memberikau kesempatan\r\nyang sebesar-besarnya kepada siswa untuk terlibat secara aktif di dalam proses belajar\r\nmengajar.\r\nBerangkat dari masalah aktivitas siswa di kelas yang belwn maksimal, maka\r\ndilakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) mengetahui apakah ada perbedaan yang\r\nsigniflka.D antara penerapan pendekatan CfL dan Active Learning terhadap aktivitas\r\nbelajar IPA-Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempuran Magelang, 2)\r\nmeugetahui apakal1 pendekatan CTL atau Active Learnif!g yang lebih sesuai untuk\r\nditerapkan pada pembelajaran IPA-Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempuran\r\nMagelang, 3) mengetahui tanggapan siswa dan guru mata pelajaran IPA-Biologi di\r\nSMP Negeri I Tempuran Magelang tentang penerapan pendekatan CTL dan Active\r\nLearning pada pembelajaran IPA-Biologi.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian studi komparatif. Populasi penelitian ini\r\nadalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempuran Magelang tahun ajaran 2006/2007.\r\nSampel penelitian ini adalah kelas VII D dan VII F. Teknik pengambilan sampel adalah\r\nNon Sampling, dimana guru dan peneliti yang menentukan kelas yang akan diteliti\r\ndengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,\r\nangket, wawaucara, dan dokumeutasi. Analisis data yang digunakau meliputi aualisis\r\ndeskriptif, uji nonnalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa : I) terdapat perbedaan yang signifikan\r\nantara aktivitas belajar IPA-Biologi siswa di kelas CfL dan Active Learning, dimana\r\naktivitas siswa di kelas . Active Learning lebih baik dari pada di kelas CTL, 2)\r\npendekatan Active Learning lebih sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran IPABiologi\r\nsiswa kelas VII khususnya untuk materi Organisasi Kehidupan sub materi\r\nJaringau, Organ, Sistem Organ dan Orgauisme, 3) siswa memberikan tanggapan positif\r\nterhadap penerapan peudekatan CTL dan Active Learning.\r\nKata kunci: Pendekatan CfL,Active Learning, dan Aktivitas Siswa"^^ . "2007-06-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Syariah, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "02451013"^^ . "KURNIAWATY SABIIS"^^ . "02451013 KURNIAWATY SABIIS"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Text)"^^ . . . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18475 \n\nSTUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .