@phdthesis{digilib18476, month = {July}, title = {EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01450948 NUR HABIBI}, year = {2007}, note = {SUDJOKO, MS}, keywords = {efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18476/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) membuktikan penggunaan Mind Map lebib efektif daripada metode konvensional terbadap peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan C 1-C3 sub materi pokok gerak pada tumbuban, (2) membuktikan ada perbedaan peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitif C 1-C3 an tara siswa perempuan dan siswa laki-laki kelas VIII MTs N Y ogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain pre-test post-test control group. Populasi dalam penelitian ini adalab selurub siswa kelas VIII MTsN Y ogyakarta II. Sam pel penelitian adalah siswa pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa pada kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan validitas construct terbadap instrumen. Analisis data melalui pengujian bipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan program paket SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan Mind Map efektif dalam meningkatkan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitifC1-C3 pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. (2) Peningkatan basil belajar siswa perempuan pada kemampuan kognitif C 1-C3 lebih tinggi dibanding peningkatan basil belajar siswa laki-laki pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. Kata kunci: efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif} }