%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR HABIBI, NIM. 01450948 %B Fakultas Syariah %D 2007 %F digilib:18476 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif %P 108 %T EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18476/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) membuktikan penggunaan Mind Map lebib efektif daripada metode konvensional terbadap peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan C 1-C3 sub materi pokok gerak pada tumbuban, (2) membuktikan ada perbedaan peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitif C 1-C3 an tara siswa perempuan dan siswa laki-laki kelas VIII MTs N Y ogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain pre-test post-test control group. Populasi dalam penelitian ini adalab selurub siswa kelas VIII MTsN Y ogyakarta II. Sam pel penelitian adalah siswa pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa pada kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan validitas construct terbadap instrumen. Analisis data melalui pengujian bipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan program paket SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan Mind Map efektif dalam meningkatkan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitifC1-C3 pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. (2) Peningkatan basil belajar siswa perempuan pada kemampuan kognitif C 1-C3 lebih tinggi dibanding peningkatan basil belajar siswa laki-laki pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. Kata kunci: efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif %Z SUDJOKO, MS