%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD SYAIFUDIN, NIM : 00460050 %B Fakultas Tarbiyah %D 2007 %F digilib:18479 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media saklar tanpa kabel, motivasi dan prestasi belajar fisika %P 180 %T IMPLEMENTASI MEDIA SAKLAR TANPA KABEL SEBAGAI PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS III DI SMP MA' ARIF IMOGIRI TAHUN AJARAN 2005/2006 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18479/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1 ).mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika antara penggunaan metode konvensional dan metode eksperimen (dengan menggunakan media saklar tanpa kabd), 2) 111cngctllhui~ p~ningktttlm f.Jll-~ta i Ldaj~.l fbik..a ~i1.wa alJ.l.Jal penggunaan metode konvensional dan metode eksperimen, 3) mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar fisika siswa pada metode konvensional dan metode eksperlmen. P~n~litil'tn ini 111f':11fJB\11HiktU1 mt:tod.;- hlflntitfltif, yRitu lluatu analill:a d:at:a yang menggunakan angka. Jenis penelitian yang diagunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas III semester I SMP Ma,arif Imogiri tahun . ajaran 2005/2006 dengan jumlah 79 siswa. Pengambilan sampel dengan model simple random sampling. Pengambilan data dengan metode tes dan angket. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial yaitu dengan menggunakan uji anakova. Uji prasyarat menggunakan, (1) uji normalitas diperoleh hasil berdistribusi normal, (2) uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar fisika siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen dengan mengendalikan kovariabel nilai raport dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional ( F hitung > F t,5%, (20,337>4,03) dan sumbangan untuk kovariabel nilai raport sebesar 1,2%, 2) peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan metode eksperimen nilai peningkatannya lebih tinggi (2, 11) disbanding dengan metode konvensional (0,75), 3) ada peningkatan signifikan pada motivasi belajar fisika siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen ( t hitung > t table ; 6,577 > 2,060 ) Kata kunci : Media saklar tanpa kabel, motivasi dan prestasi belajar fisika. %Z Drs. Murtono, M.Si.