<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM"^^ . "Dalam tradisi Islam, eksistensi teks-teks suci dalam al-Qur'an merupakan representasi dari\r\notoritas-kewenangan-Allah Swt. untuk mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Sementara\r\nnabi Muhammad Saw. pada zamannya dipandang sebagai orang yang paling otoritatif untuk\r\nmenafsirkan semua kehendak Allah Swt. Namun, pada generasi berikutnya muncul problem dengan\r\nmengatas namakan teks-teks suci dan melegitimasi pemikirannya tanpa memperhatikan aspek\r\nmoral dalam hukum Islam, sehingga terjebak pada tindakan \"otoritarianisme interpretasi\" dalam\r\nhukum Islam. Kecenderungan ini berdampak pula terhadap pemikir (ulama') selanjutnya pada sikap\r\nyang otoriter dan tidak berpri kemanusiaan, dengan menindas, memaksa, memerintah dan bemaung\r\ndi bawah teks bahwa inilah keputusan yang benar-benar dikehendaki Tuhan dan nabi. Oleh karena\r\nitu, perlunya reinterpretasi tafsir-tafsir hukum Islam penting untuk dilakukan, dengan menggunakan\r\npendekatan hermeneutika sebagai pisau analisis, agar terhindar dari \"otoritarianisme interpretasi\" ·\r\nmenuju interpretasi yang otoritatif dan kontekstual, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai\r\nfundamental dan ideal moral.\r\nYang paling menarik, apa yang ditawarkan Khaled M. Ahou El-Fadl dalam menyikapi\r\nfenomena di atas, ia mengusung teori baru dengan menggunakan pendelr.atan hermeneutika sebagai\r\npisau analisis. Hermeneutika yang ia kembangkan berorientasi pada otoritas penafsiran sebuah teks\r\ndengan menegosiasi teks, pengarang, dan pembaca, dan mempertimbangkan kepribadian seorang\r\n(reader) penafsir, apakah otoriter atau otoritatif dalam melakukan suatu keputusan hukum dalam\r\nIslam. Kemudian menurut Abou El-Fadl, terdapat tiga pokok persoalan yang menjadi kunci\r\nmembuka diskursus yang otoritatif dalam hukum Islam. Pertama, tekait dengan kompetensi\r\n(autentisitas), kedua, penetapan makna (isbiit al-ma'nii), dan yang lcetiga, perwakilan yang dikenal\r\ndengan istilah \"wakil khusus\" dan \"wakil umum\" oleh Abou El-Fadl. Sedangkan hermeneutika\r\nyang dikembangkan Nashr Hamid Abu-Zaid, menggunakan analisis otoritas teks dan konsep teks\r\nmelalui kajian linguistik (lugawi) dalam pembacaan al-Qur'an kontemporer. Kajian ini merupakan\r\nsatu-satunya metode yang cukup memadai (al-manhaj al-wiihid) dari sebuah teori interpretasinya.\r\nMengingat, al-Qur'an merupakan teks keagamaan dan pada dasamya adalah teks bahasa atau teks\r\nlinguistik, Abu-Zaid mendekonstruksi otoritas penafsir (reader) yang cenderung ideologisindividualistik\r\ndalam persoalan penafsiran sebuah teks, kemudian Abu-Zaid menawarkan\r\npembacaan dalam interpretasi, yaitu pembacaan produktif dan kontekstual. Sehigga teks akan\r\ntampak lebih humanis, egalitarian, dan akan terjalin antara makna dan signifikansinya (maghzli).\r\nAdapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode \"hermeneutika otoritatif'\r\n(dengan membangun kerangka otoritas d.alam hukum Islam) dan \"h~rmeneutika humanistik''\r\n(dengan menawarkan pembacaan produktif dan kontekstual dalam al-Qur'an)-oleh kedua tokohseputar\r\nreinterpretasi teks, tekstualitas al-Qur'an atau al-Qur'an sebagai teks, dinamika pengarang\r\n(author), konsep teks (text), dan mempertimbangkan pembaca (reader) dalam komunitas penafsir.\r\nBerdasarkan metode ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan (sosio-historis) dan\r\n(hermeneutis), dengan pola pikir (deduktif-indulctij}. Terlepas dari perbedaan pemikiran dari metode\r\ndan pendekatan ini, dapat mengidentifikasi alur berpikir masing~masing keduan tokoh, agar dapat\r\nditemukan persamaan dan perbedaan pemikiran tentang teori hermenetika beserta karakteristik\r\npemikirannya dalam interpretasi \"konsep otoritas\" hukum Islam. Aplikasi teori hermeneutika-oleh\r\nkedua tokoh-hanya berkisar pada \"wacana gender\" dengan melakukan reinterpretasi teks \"bias\r\ngender\" seputar teks-teks diskriminasi terhadap perempuan, seperti konsep kepatuhan istri pada\r\nsuami (Iii 'ah), jilbab, dan poligami dalam hukum Islam. Sepintas dalam penelitian ini, menemukan\r\nsebuah kesimpulan dan hasil aplikasi dari teori·teori hermeneutika--<>leh kedua tokoh-terdapat\r\nkesamaan tujuan. Yang menjadi persamaan adalah berkisar pada oriel\"tasi interpretasinya dengan\r\nberlandaskan nilai-nilai universal dalam hukum Islam seperti keadilan, kesetaraan, ideal moral, dan\r\nmenjunung tinggi nilai-nilai maq~id asy-syar'i'ah. Sehingga, melalui kerangka pemikiran ini,\r\nkemudian melahirkan \"konsep otoritas hukum Islam\" untuk mencegah keterjebakan pada tindakan\r\n\"otoritarianisme interpretasi\" yang menjadi basil dari kaj ian sebagai kontribusi pemikiran dalam\r\ndiskursus hukum Islam yang lebih demokratis."^^ . "2007-02-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Syariah, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 02361257"^^ . "AHMAD ZAYYADI"^^ . "NIM: 02361257 AHMAD ZAYYADI"^^ . . . . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Text)"^^ . . . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18482 \n\nTEORI HERMENEUTIKA KHALED M. ABOU EL-FADL DAN NASHR HAMID ABU-ZAID DALAM INTERPRETASI KONSEP OTORITAS HUKUM ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .