eprintid: 18503 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/85/03 datestamp: 2015-12-02 07:35:55 lastmod: 2016-01-14 08:38:50 status_changed: 2015-12-02 07:35:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISMAIL, NIM. 00410414 title: STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kelas Akselerasi note: Dra. Hj . Siti Barirotun abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan strategi pembelajaran PAI pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode perbandingan tetap atau disebut Constant Comparative Method yaitu perbandingan tetap antara datum dengan datum yang lainnya kemudian membandingkan tetap antara kategori dengan kategori yang lainnya kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian minunjukan: (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran PAI pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Yogyakarta mencakup tiga hal yaitu pendekatan, metode dan tahap-tahap pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu pendekatan kelompok, pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional dan pendekatan fungsional. Adapun metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demontrasi, metode diskusi, metode penugasan dan metode latihan. Dan tahap-tahap pembelajaran yang digunakan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Yogyakarta diorientasikan kepada tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun jenis-jenis evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi proses, evaluasi harian dan evaluasi umum. Untuk memudahkan pelaksanaan evaluasi, maka digunakan leknik-lekmk evaluasi yaitu pertama, leknik tes yaitu meliputi tes lisan, tes tulisan dan tes perbuatan. Kedua, teknik non tes yang meliputi pengamatan atau observasi dan wawancara. ( 3 ) Rencana pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Yogyakarta, mulai dari pemilihan jenis sampai teknik evaluasi disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang telah digunakan. Sehingga terdapat korelasi yang kuat antara strategi pembelajaran PAl yang digunakan4enganjenis atau teknik evaluasi yang digunakan. date: 2007-04-07 date_type: published pages: 119 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ISMAIL, NIM. 00410414 (2007) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18503/1/BAB%201%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18503/2/BAB%20II%2C%20III.pdf