@phdthesis{digilib18504, month = {June}, title = {ANWA' AL AHKAM AL NAHWIYYAH FI SURAT AL FATIHAH WA TARIQAH TA'LIMIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MADAH WA AL TARIQAH)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11421005 AMALINA NURUSSOFA}, year = {2015}, note = {DR. Sembodo Ardi W, M.Ag.}, keywords = {Hukum-hukum Nahwu, Surat Al-Fatihah, Metode Pembelajaran.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18504/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam hukum qoidah nahwu dalam surat al-fatihah serta metode dalam pembelajarannya. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menjadikan surat Al-fatihah dan materi-materi yang berkaitan dengan Qowaid Nahwu sebagai objek penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode Dokumentasi dengan banyak membaca dan menela?ah serta mencari referensi dari kitab-kitab dan lliteratur yang berkaitan dengan objek pembahasan. Adapun dalam analisis data peneliti menggunakan metode deduktive Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa macam-macam Qoidah nahwu yang terdapat dalam surat Al-Fatihah di antaranya: Fiil Madhi, Fiil Mudhari?, Fiil Amr, Fail, Maf?ul Bih, Mubtada beserta Khabarnya, Huruf-huruf Jer, Na?at Man?ut, Susunan Idhafah, Dhamir Muttashil dan Munfashil, Isim maushul, athaf Ma?thuf, Badal, dan Laa Al-Nafiyah. Sedangkan Metode pembelajaran yang tepat dalam hal ini adalah Metode Al- Mu?addalah karena metode ini dimulai dengan pneyebutan contoh seperti ayatayat tersebut dilanjutkan dengan menyimpulkan Qoidah dan karena surat Al Fatihah termasuk juga teks sastra. Kata Kunci : Hukum-hukum Nahwu, Surat Al-Fatihah, Metode Pembelajaran.} }