relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18507/ title: PENERAPAN TEORI ANDRAGOGI DALAM PROSES PFMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN FAUZUL MUSLIMIN KOTAGEDE YOGYAKARTA creator: Ariadi Priyo Santoso, NIM.01410731 subject: Pendidikan Agama Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan teori Andragogi dalam proses pembelajaran yang berlangsung di pondok pesantren Fauzul Muslimin Kotagede, Yogyakarta serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untulc menyempurnakan penerapan teori andragogi dalam pembelajaran pondok pesantren tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar PP Fauzul Muslimin Kotagede, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan dalama dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingk~ dan mengecek balik derajad kepercayaan suatu informasi yang diperoleh mel~lui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Andragogi telah diterapkan di pondok pesatren Fauzul Muslimin dengan baik. Pondok pesantren Fauzul Muslimin menerapkan teori pendidikan Andragogi karena sebagian besar santrinya berusia dewasa sehingga dengan menerapkan teori tersebut dalam proses pembelajaran, santri diharapkan bisa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dengan baik tanpa ada kesan pemaksaan dalam proses pembelajaran. Santri menyadari dengan baik akan tujuannya masuk ke pondok pesantren sehingga secara sukarela mau mengik~:: semua kegiatan yang ada di pondok pesantren terse but. Teori Andragogi diterapkan