<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PATEAN KENDAL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan\r\nAgama Islam dengan metode problem solving dan mendeskripsikan hasil yang\r\ndicapai berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor setelah menggunakan\r\nmetode problem solving dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil\r\npenelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan\r\nmutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini mempakan penelitian kualitatif yang mengambil la.tar Sl\\1P\r\nNegeri 1 Patean Kendal. Penumpulan dutu dilukukun dengun mcngadakan\r\nr.ibs~rva~i , 'vawancarn, da.n ciolmmrmtrrni t\\ nn lir.ir. rlntn r.lilo ln.1 lrnn drngnn\r\npengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.\r\nPerntaik.saau k.ealJsahau tlata dilakukan den.an mett.gadakart trianguiasi sumber\r\ngandan dan metode gundu.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pcmbelajaran Pendidikan\r\nAgama Islam dengan menggunakan metode problem solving di SMP N 1 Patean\r\nmempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah Siswa aktif\r\nmenemukan konsep jawaban sementara berdasarkan pengetahuan awal dan hasil\r\ndiskusi kelompok, siswa dapat mengingat kuat apa yang sudah dipelajari, siswa\r\nmampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan siswa dapat berperan aktif\r\ndalam proses pembelajaran. Sedangkan kekurangannya adalah kurangnya waktu\r\nyang tersedia, kesulitan pengelolaan kelas, tidak semua anggota kelompok\r\nbekerja, dan tidak semua materi dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat\r\nmenggunakan satu metode saja. (2) Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam\r\ndengan menggunakan metode problem solving pada pertemuan pertama dan\r\nkedua terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa diantaranya siswa dapat aktif\r\ndalam kegiatan diskusi, dapat bekerja sama dengan teman, dan siswa sudah berani\r\nmengajukan pertanyaan. (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan\r\nAgama Islam di SMP negeri 1 Patean Kendal meliputi penilaian proses dan\r\npenilaian basil berdasarkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian\r\nproses dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yaitu aktivitas belajar siswa.\r\nTerjadi peningkatan aktivitas siswa kelas VIII A SMP N 1 Patean Kendal setelah\r\npelaks-anaan metode problem solving, pada pertemuan I rata -rata sebesar 29\r\n(kurang berhasil), dan pertemuan kedua 42 (berhasil). Pada penilaian hasil\r\ndilaksanakan dengan post-test. Terjadi peninkatan hasil belajar siswa setelah\r\ndilakukan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode problem\r\nsolving. Dengan nilai rata-rata awal 5.2, pada pertemuan I 8.2, dan pertemuan\r\nkedua 9.2."^^ . "2007-10-03" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 03410043"^^ . "INTAN AYU EKO PUTRI"^^ . "NIM. 03410043 INTAN AYU EKO PUTRI"^^ . . . . . . "METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PATEAN KENDAL (Text)"^^ . . . . . "METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PATEAN KENDAL (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . "HTML Summary of #18514 \n\nMETODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PATEAN KENDAL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .