%0 Thesis %9 Skripsi %A Luluk lfadah, NIM. 02411240 %B Fakultas Tarbiyah %D 2007 %F digilib:18517 %I UIN Sunan Kalijaga %T PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA DALAM BUKU "RUMAHKU SEKOLAHKU" KARYA SYAFINUDDIN AL-MANDARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Materi dan Metode) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18517/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai konsep, materi dan metode pendidikan berbasis dalam buku "Rumahku Sekolahku" karya Syafinuddin Al-Mandari dan menariknya ke dalam pembahasan Pendidikan Islam sehingga diperoleh kajian tentang konsep, materi dan metodenya dan bagaimana impilkasinya terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode deskripsi, interpretasi dan analisis, yang akhimya adalah merriberikan kesimpulan. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif dengan metode content analysis. Untuk mendapatkan hasil maksimal, secara garis besar materi pembahasan penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogik, namun untuk mendukungnya penelitian ini menggunakan pendekatan metode pembahasan deskript~t-analisis, metode komparasi, metode deduksi dan juga metode induksi. ยท Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahwa peran dan tanggung jawab orangtua harus diupayakan agar kembali kepada ialur utamanya yakn~ s~ba~ai pendidik pertama bagi anak. Disamping itu orangtua bertanggung jawab untuk mendidik anak dengan konsep Long Life Education, sehingga dari awal anak sudah diberikan pondasi pendidikan dan keilmuan yang kuat yakni ketika anak tumbuh dan berkembang pada masa prenatal dan pra sekolah melalui pendidikan lingkungan keluarga dengan menggunakan rnmusan materi dan metode yang he.nl'lr