<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH)"^^ . "Penelitian ini menggunakan teori Arūḍ. Adapun pengumpulan data\r\ndilaksanakan dengan teknik kajian kepustakaan (Library Research). Jenis\r\npenelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu metode dengan\r\nmendeskripsikan teks puisi untuk mengetahui baḥr peneliti menganalisis\r\nmenggunakan ilmu aruḍ. Dalam menemukan tema peneliti menggunakan\r\nmetode terjemah. Kemudian menentukan pola yang terbentuk dari baḥr dan\r\ntema.\r\nPenelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. (1) Tema puisi yang\r\nterdapat dalam diwan Ibn al-Mu’taz adalah fakhr, ghazal, madḥ, hija’,\r\nkhamriyyāt, wasf, mu’ātabāt, ritsa’, zuhd, dan hikmat. (2) Baḥr yang Ibn al-\r\nMu’taz gunakan dalam diwannya yaitu baḥr ṭawīl, baḥr madīd, baḥr basīṭ,\r\nbaḥr wāfīr (wāfīr tām dan wāfīr majzu’), baḥr kāmil (kāmil tām dan kāmil\r\nmajzu’), baḥr hajaz, baḥr rajaz (rajaz tām dan rajaz majzu’), baḥr ramal\r\n(ramal tām dan ramal majzu’), baḥr sarī’, baḥr munsariḥ tām, baḥr khafīf\r\n(khafīf tām dan khafīf majzu’), baḥr mujtaṡ majzu’, baḥr mutaqārib\r\n(mutaqārib tām dan mutaqārib majzu’), serta terdapat dua baḥr pembaruan\r\nyaitu baḥr gharib dan baḥr mumtad. (3) Dalam baḥr ṭawīl tema puisinya\r\nadalah fakhr, ghazal, madḥ, wasf, mu’ātabāt, dan hikmat. Baḥr madīd\r\nadalah ghazal dan khamriyyāt. Baḥr basīṭ adalah khamriyyāt, madḥ, dan\r\nwasf. Baḥr wāfīr adalah zuhd, ghazal, wasf, dan khamriyyāt. Baḥr kāmil\r\nadalah wasf, khamriyyāt, hija’, fakhr, ghazal, dan zuhd. Baḥr hajaz adalah\r\nfakhr dan wasf. Baḥr rajaz adalah wasf, zuhd, dan madḥ. Baḥr ramal adalah\r\nkhamriyyāt dan mu’ātabāt. Baḥr sarī’ adalah wasf dan khamriyyāt. Baḥr\r\nmunsariḥ adalah hikmat, wasf, dan ritsa’. Baḥr khafīf adalah ghazal, zuhd,\r\ndan khamriyyāt. Baḥr mujtaṡ adalah wasf, hikmat, dan hija’. Baḥr\r\nmutaqārib adalah hija’ dan fakhr. Adapun dalam baḥr gharib tema puisinya\r\nadalah ritsa’ dan baḥr mumtad adalah wasf. Dengan kata lain, penggunaan\r\nbaḥr untuk tema tertentu oleh Ibn al-Mu’taz tidak selalu sesuai dengan\r\nkonsep Ahmad Syayib.\r\nKata kunci: tema, baḥr."^^ . "2015-09-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11110012"^^ . "RINA YULISTIA"^^ . "NIM. 11110012 RINA YULISTIA"^^ . . . . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Text)"^^ . . . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18545 \n\nAL BUHUR WA AL MAWADIH AL SHI'RIYYAH FI DIWAN IBN AL MU'TAZ LI ABDILLAH IBN AL MU'TAZ (DIRASAH 'ARUDIYYAH)\n\n" . "text/html" . . . "Kesusastraan Arab"@en . .