<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN"^^ . "Secara kodrati manusia diciptakan Allah terdiri atas laki-laki dan\r\nperempuan, sehingga penciptaan manusia yang berpasangan tersebut membuat\r\nmereka cenderung untuk melakukan hubungan biologis, guna melahirkan\r\nketurunan yang akan meneruskan kelangsungan eksistensi umat manusia. Namun\r\ntidak semua orang merasa senan_g dan bahagia dengan setiap kelahiran, terutama\r\nsekali bila kelahiran itu merupakan kelahiran yang tidak direncanakan, karena\r\nfaktor kemiskinan dan \"kecelakaan\", di sisi lain ada juga karena berdasarkan\r\nindikasi medis yang menunjukkan adanya gejala sehingga proses kehamilan dapat\r\ndicegah, mengingat bila kehamilannya dipertahankan dapat mengancam\r\nkeselamatan jiwa Ibu. Proses penjegahan kehamilan yang demikian, dalam\r\nmasyarakat di kenai dengan sebutan aborsi.\r\nPengguguran atau aborsi merupakan masalah yang sangat kontroversial\r\ndan selalu meQjadi topik pembicaraan oleh berbagai kalangan dan lapisan\r\nmasyarakat, baik kalangan cerdik cendikiawan, ulama, dan bahkan sampai\r\nkalangan masyarakat awam. Banyak sekali perbedaan pendapat di antara kalangan\r\ntersebut, ada yang berpendapat agar aborsi dapat dibenarkan hukum dan ada pula\r\nyang bertahan agar aborsi tetap dipandan_g seba_gai peristiwa pidana.\r\nBerbeda dengan tema aborsi pada umumnya, tema aborsi yang diangkat\r\ndalam skripsi ini adalah tentang pandangan hukum Islam dan kode etik\r\nkedoketeran terhadap aborsi yang dilakukan karena indikasi medis (darurat).\r\nAJasan indikasi medis ( darurat) yan_g dimaksudkan adalah apabila selama proses\r\nkehamilan menunjukkan gejala-gejala kurang baik terhadap keselamatan sang Ibu,\r\nmaka pengguguran atau aborsi boleh dilakukan.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan serta perbedaan\r\nantara hukum Islam dan kode etik kedokteran terhadap aborsi yang dilakukan\r\nkaren indikasi medis (darurat). Adapun metode analisis yang digunakan berupa\r\nmctodc -dcskriptif, analitis, komparatif- yaitu dengan penguraian data-data yang\r\ndiperoleh dalam suatu gambaran sisitematis yang didasarkan pada teori dan\r\npengertian hukum yang terdapat dalam ilmu hukum untuk mendapatkan\r\nln:o:\">impulan yang signifikan dan ilmiah.\r\nPerbedaan yang mendasar dalam menentukan hukumnya terletak pada\r\nlandasan atau dasar hukum dari kedua aspek hukum tersebut. Dalam hukum Islam\r\nJijd.:uJ,.m .1Lu1 t.i J.ij.l..tl iliuoHU.I.kuu U.tJUuilu uuluw kt.:UUlliill UurUtut WHUk\r\nmenyelamatkan nyawa Ibu. Sedangkan dalam kode etik kedoktcran dijclaskan\r\naborsi dalam kondisi darurat demi menyelamatkan nyawa Ibu, sebenarnya boleh\r\ndilakukan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa kedudukan etik dalam arti sempit\r\ntidaklah mencakup norma hukum, sehingga etik yan_g demikian tidaklah cukup\r\nkuatjika digunakan sebagai landasan atau dasar untuk melakukan aborsi.\r\nberdasarkan dari hasil penclitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa\r\nkedua aspek hukum tersebut di atas mempunyai pandangan hukum yang sama,\r\nakan tetapi yan_g melemahkan dari kode etik kedokteran adalah landasan atau\r\ndasar hukum yang ada, masih bel urn bisa memberikan kejelasan terhadap tindakan\r\naborsi karena indikasi medis, sehingga hal tersebut menjadikan tenaga kesehatan\r\nyang memberikan pelayanan aborsi masih rentan di mata hukum."^^ . "2007-04-09" . . . . "FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01360898"^^ . "ABDUL BASIT"^^ . "NIM. 01360898 ABDUL BASIT"^^ . . . . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Text)"^^ . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ABORSI KARENA INDIKASI MEDIS\r\nDALAM PANDANGAN\r\nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18578 \n\nABORSI KARENA INDIKASI MEDIS \nDALAM PANDANGAN \nHUKUM ISLAM DAN KODE ETIK KEDOKTERAN\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .