TY - THES N1 - Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc. ID - digilib18598 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18598/ A1 - WAWAN NURGHANA MAHFUD, NIM. 11610021 Y1 - 2015/09/29/ N2 - Catur merupakan sebuah game yang dimainkan oleh dua pemain. Permainan catur diperlukan suatu perlengkapan permainan, yaitu papan catur serta biji-biji catur atau sering disebut bidak. Dalam permainan catur terdapat beberapa problem yang menarik untuk diteliti. Salah satu problem yang menarik untuk diteliti yaitu Knight Tour Problem (KTP) yang notabene merupakan teka-teki catur dengan tujuan untuk mencari urutan langkah prosedural yang dibuat oleh kuda pada papan catur tepat satu kali sedemikian sehingga dapat menghindari kekalahan. Penelitian ini hanya menentukan perjalanan kuda pada papan catur berukuran nxn dengan contoh n = 6 dan pada papan catur berukuran 8x8. Permasalahan Knight Tour dapat digambarkan dengan suatu graf yang merupakan masalah optimasi dalam menentukan perjalanan kuda. Perhitungan dalam menentukan Knight Tour Problem tersebut menggunakan Algoritma Firefly. Cara kerja Algoritma Firefly yaitu dimulai dengan inisialisasi n firefly, penetapan parameter PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Algoritma Firefly KW - Knight Tour Problem KW - Graf Hamilton M1 - skripsi TI - PENERAPAN ALGORITMA KUNANG-KUNANG (FIREFLY ALGORITHM) DALAM KNIGHT TOUR PROBLEM PADA PAPAN CATUR AV - restricted EP - 130 ER -